Aturan Yang Harus Diketahui Saat Menggunakan Softlens

Aturan Yang Harus Diketahui Saat Menggunakan Softlens

Kalian yang memakai kacamata, mungkin merasa sedikit kerepotan jika harus membawa atau mengenakannya. Entah rasanya tidak nyaman, lelah dibagian dalam mata, dan terkadang kelupaan. Ada satu cara yang lebih praktis untuk menggantikannya, yaitu dengan cara memakai lensa kontak atau softlens. Walaupun cara kerjanya hampir sama seperti kacamata, namun kalian harus berhati-hati dan harus sesuai aturan menggunakan softlens.

Pertama, sebelum memasang softlens, pastikan tanganmu bersih. Ini merupakan aturan pertama dan wajib banget buat kalian patuhi. Pastikan sebelum memasang softlens, kalian harus mencuci tangan kalian dengan sabun. Hal ini agar tangan kalian terhindar dari kuman yang bersarang di area tanganmu tidak berpindah ke softlens. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk lembut yang bersih.

Kedua, jangan menggunakan softlens lebih dari 8 jam tiap harinya. Apabila lensa tersebut memiliki daya hantar oksigen dalam level rendah, maka dapat dipakai hingga yang dipakai hingga yang paling maksimum yaitu delapan jam. Tetapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka jangan gunakan softlens hingga lebih dari delapan jam.

Ketiga, jangan tidur dengan masih menggunakan softlens, kecuali atas suatu kondisi tertentu. Perlu kita tahu memang ada softlens yang boleh dipakai tidur, dengan catatan, bahwa orang tersebut memiliki minus yang tinggi dan yang pasti hal tersebut dilakukan atas saran dokter mata yang bersangkutan. Hal ini karena dokter akan memberikan lensa mata yang khusus dapat dipakai ketika tidur.

Keempat, selalu cek kondisi softlens, ini wajib banget kamu lakukan. Jangan sampai kontak lens yang akan kita pakai dan tempelkan ke mata, tidak higienis dan kotor. Bisa membahayakan mata kita loh. Cek juga tanggal kadaluarsa dari softlens yang sudah rusak, seperti sobek misalnya. Jika kamu menemukan hal begitu, segeralah ganti softlensmu dan jangan memaksakan untuk memakainya.