Ciri-ciri dan Cara Menghindari Virus Corona

Ciri-ciri dan Cara Menghindari Virus Corona
Ciri-ciri Corona

Heboh.com, Jakarta- Ciri-ciri dan cara menghindarinya virus corona. Saat ini, dua warga Indonesia telah terdeteksi positif virus corona atau COVID-19. Hal ini telah diumumkan oleh  Presiden Republik Indonesia, Jokowi. Melalui akun instagram pribadinya, Jokowi menambahkan pesan agar semua orang waspada terhadap virus ini. 

“Menghimbau kepada seluruh rakyat untuk senantiasa menjaga tubuh agar tetap fit, rajin mencuci tangan, dan menghindari yang tidak perlu.” tulisnya. 

Ada beberapa ciri yang dimiliki oleh orang yang terinfeksi corona. Beberapa ciri tersebut sebagai berikut; 

1. Batuk Parah dan Sakit Tenggorokan
Batuk-batuk yang tak kunjung reda hingga batuk yng kronis. Virus corona memiliki gejala utama batuk parah. Selain itu, tenggorakan yang sakit harus waspada dan periksakan ke dokter.

2. Demam Tinggi
Deman ini dijadikan pendeteksi awal orang yang diduga terjangkiti virus corona. Makanya orang yang demam akan langsung diisolasi dan harus menjalani tes. Jika positif, orang tersebut akan langsung mendapatkan intensif. Tak heran jika banyak negara menerapkan pemeriksaan suhu tubuh di bandara. 

3. Sakit Kepala
Virus corona memiliki gelaja sakit kepala, gejala ini akan terlihat 2 sampai 14 hari kemudian mengalami tanda-tandanya.

4. Flu atau pilek
Selain sakit kepala dan batuk parah, virus corona ini gejalanya flu atau hidung beringus. Gejala yang kasat mata penularannya antar manusia yaitu flu atau pilek. Hidung beringus dan cairan flu ini dapat dengan cepat menular. Ada cara yang baik saat kita flu dengan menggunakan masker.

5. Sesak Napas
Seseorang yang terinfeksi virus corona akan mengalami kesulitan bernapas. Gejala virus corona mirip-mirip dengan gejala penyakit pneumonia dimana paru-paru terinfeksi bakteri, jamur maupun virus dan menyebabkan sesak napas. 

Selain ciri-ciri yang bisa kita rasakan adapun cara menghindari virus corona, agar kita bisa terhindar dari virus yang satu ini. Berikut pencegahan corna yang disarankan oleh World Health Organization (WHO):

1.  Mengurangi interaksi ke penderita infeksi pernapasan

2. Melakukan pengecekan kesehatan

3. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

4. Menghindari kontak langsung dengan peternakan atau hewan liar

5. Memperhatikan etika batuk

6.  Jangan melakukan perjalanan ke luar negeri

7. Menggunakan masker

Beberapa yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya. Tetap waspada di manapun kita berada dan berinteraksi dengan orang terdekat. Cara-cara mencegahnya dapat diterapkan oleh kalian yang tidak ingin terjangkit virus corona.