Pilot Asal AS Meninggal Dunia Akibat Pesawat Jatuh Di Sentani, Papua

Pilot Asal AS Meninggal Dunia Akibat Pesawat Jatuh Di Sentani, Papua
Mission Aviation Fellowship (MAF)

Heboh.com, Jakarta - Pesawat milik maskapai penerbangan Mission Aviation Fellowship (MAF) jenis cesna jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Selasa pagi, 12 Mei 2020. Jenazah pilot pesawat telah ditemukan. 

Perwakilan KNKT Papua Norbert Tunyanan menyatakan, pilot pesawat perintis milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di Danau Sentani, Papua, sempat melaporkan tanda bahaya.

Baca Juga Hari Perawat Internasional, Begini Cara Perawat Memaknainya Di Tengah Pandemi Corona

Tunyanan mengatakan, pilot pesawat bernama Joice Lin disebut berkata, "Mayday...mayday" dan terdengar jelas oleh pilot di pesawat-pesawat yang berada di frekuensi radio 119,1. Joice Lin ditemukan meninggal dan jenazahnya sudah ditemukan di danau itu.

"Saya sudah terima laporan yang menyatakan tim SAR sudah menemukan jenazah pilot pesawat MAF dengan kode penerbangan PK-MEC setelah menyelam di Danau Sentani," kata Tunyanan

Jenazah Joice Lin, pilot pesawat MAF berkode penerbangan PK-MEC kebangsaan Amerika Serikat ditemukan tim SAR di kedalaman 13 meter di Danau Sentani. Dia mengatakan kejadian pesawat jatuh itu sempat dilihat oleh salah satu pilot AMA yang mengemudikan pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCE. Kejadian jatuhnya pesawat pun sempat difoto.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon di Jayapura, Selasa, mengakui jenazah saat ini dalam perjalanan menuju RS Bhayangkara setelah tim SAR mengevakuasi korban dari dalam Danau Sentani.

"Saat ini jenazah sudah dalam perjalanan ke RS Bhayangkara Jayapura," kata AKBP Mackbon.

Secara terpisah, Kepala RS Bhayangkara Jayapura Kompol Dr. Andi menjelaskan, akan dilakukan visum luar terhadap jenazah pilot tersebut. 

Baca Juga Momen Terakhir, Massa Berkumpul saat Penutupan McD Sarinah