Tragedi SMPN 1 Turi Sleman Jadi Sorotan Media Asing

Tragedi SMPN 1 Turi Sleman Jadi Sorotan Media Asing
Tragedi Susur Sungai

Heboh.com, Jakarta - Tragedi yang menimpa siswa SMPN 1 Turi, Sleman jadi sorotan media asing. New York Times menuliskan setidaknya ada 6 siswa tewas dalam kegiatan susur sungai. 

Kegiatan susur sungai merupakan bagian dari ekstra kulikuler Pramuka. Sebanyak 256 siswa mengikuti kegiatan yang berlangsung pada Jumat, 21 Februari 2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini tetap dilaksanakan meski beberapa saat sebelumnya turun hujan. 

Di tengah kegiatan, tiba-tiba Sungai Sempor yang dijadikan lokasi kegiatan meluap. Arus pun kian deras hingga para siswa hanyut terbawa arus. Hingga saat ini, 7 siswa dinyatakan meninggal dunia sementara 3 siswa lainnya belum ditemukan. 

Kabid Humas Polda DIY mengungkapkan bahwa sudah ada 13 orang yang diperiksa terkait tragedi ini. Termasuk 7 orang yang berstatus sebagai Pembina Pramuka SMPN 1 Turi. Salah satu dari 7 orang tersebut kini sudah berstatus menjadi tersangka. 

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X juga langsung mendatangi sekolah dimana orang tua dan juga para murid masih berkumpul. Ia mengaku prihatin dan menyayangkan ada kegiatan susur sungai di musim hujan.