Wajib Tahu! Ini 8 Cara Detoksifikasi pada Tubuh

Wajib Tahu! Ini 8 Cara Detoksifikasi pada Tubuh
infused water

Heboh.com, Jakarta - Apakah itu detoksifikasi? Kapan dan bagaimana detoksifikasi dirasa aman untuk tubuh? Disini kami akan menjawab berbagai pertanyaan seputar detoksifikasi. Pengeluaran racun dalam tubuh melalui beberapa organ tubuh seperti darah, paru-paru, ginjal, hati, usus, dan sebagainya.

Detoksifikasi dapat pula dilakukan pada wajah. Detoks sebaiknya dilakukan secara rutin agar racun dalam tubuh tidak mengendap dalam tubuh. Hal ini juga bisa dilakukan hampir setiap hari. Ada cara agar tubuh kita dapat mendetoks diri sendiri. Berikut cara detoksifikasi pada tubuh.

1. Minum Air Putih


source instagram/gocontigo


Ini adalah detoksifikasi paling sederhana dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah dengan minum minimal 8 gelas air. Mungkin saran yang terdengar familiar. Namun dengan meminum 8 gelas air putih setiap hari dapat membantu proses detoks yang dilakukan ginjal. Ginjal akan membuang berbagai zat yang berbahaya dan mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh melalui urine dan keringat. 

2. Makan Buah dan Sayur


Detoksifikasi paru-paru dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan, proses ini akan terjadi saat menghembuskan nafas. Konsumsi buah dan sayur yang memiliki warna cerah akan membantu detoksifikasi hati.Tahap pada kulit akan menghasilkan keringat dan minyak. Tahap ini akan berlangsung dengan cara mengkonsumsi air, buah, sayur, dan kenari.

3. Pijat

Memijat bagian tubuh tertentu seperti leher, ketiak, bagian perut, lipatan paha, dan lutut dapat memaksimalkan kerja kelenjar getah bening. Pemaksimalan kerja getah bening juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi bawang merah dan bawah putih.

4. Hindari Makanan Manis dan Berlemak

Diet detoks juga dapat menjadi salah satu cara pengeluaran racun secara maksimal. Diet detoks ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan berserat, hindari makanan manis, hindari makanan tinggi lemak dan makanan siap saji.

5. Detoks Wajah
Untuk wajah sendiri dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah secara teratur, rutin masker, penggunaan scrub, konsumsi air putih dan teh hijau. Tidur teratur dan rajin berolahraga.