Alasan Setir Mobil Berbentuk Melingkar

Alasan Setir Mobil Berbentuk Melingkar
Alasan Setir Mobil Melingkar

Heboh.com, Jakarta - Roda kemudi atau setir mobil sejak dahulu memiliki desain yang tak banyak perubahan. Wujudnya tetap berbentuk lingkaran. Terdapat tiga alasan mengapa mobil dengan roda kemudi lingkaran lebih baik dari segi kenyamanan dan keamanannya. 

Sebelum tahun 1884, bentuk dan penggunaan setir mobil mengalami beberapa kali perubahan. Setir mobil saat itu bentuknya menyerupai kendali perahu. Mekanisme setir mobil tersebut dikenal dengan nama tiller. Kemudi ini gampang digunakan namun tidak nyaman saat digunakan untuk parkir. 

Alasan terbesar mengapa bentuk setir mobil bulat karena agar mudah dikendalikan, nyaman digenggam, presisi, dan mudah untuk diproduksi. Orang pertama yang menggunakan setir mobil berbentuk bulat adalah Alfred Vacheron. Pria tersebut menggunakan setir mobil tersebut untuk mobil bermerk Panhard. Mobil bermesin Daimler tersebut merupakan mobil ajang balap dunia pertama dari Paris ke Rouen. 

Setelah melakukan uji coba tersebut, Alfred mengatakan bahwa mekanisme setir mobil melingkar lebih mudah sehingga mobil Panhard kala itu selalu dibuatkan setir berbentuk melingkar. Tak selang beberapa lama, sistem arah laju kendaraan tersebut diadopsikan oleh pabrikan mobil lainnya. Terlebih saat Charles Stewart Rolls, ia membeli mobil Panhard kemudian menerapkan ke desain mobilnya, Rolls-Royce. 

Perubahan dalam mekanisme setir mobil terus berlanjut hingga tahun 1899. Singkatnya perkembangan terus dilakukan produsen otomotif, sampai muncul sistem power steering yakni mengombinasikan setir kemudi dengan sistem hidrolik. 

Alasan lainnya, setir mobil melingkar menghadirkan genggaman yang ideal untuk melakukan putaran dari semua sudut. Lebih aman dan memudahkan gerakan tangan untuk mengatur arah mobil. Terakhir, bentuk lingkaran pada setir mobil disebut juga lebih simetris. Kemudi berbentuk lingkaran lebih mudah menyeimbangkan roda depan kiri dan kanan. Membuat pengemudi saat menyetir lebih ringan dan stabil.