Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Di Musim Hujan

Musim hujan sepertinya sudah muncul nih heboers. Sebelum berkendara, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal. Karena musim hujan, keadaan dijalanan pastinya berbeda dengan biasanya. Ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di musim hujan:

  1. Pastikan lampu kendaraan anda berfugsi dengan baik

Jangan sampai lampu kendaraan anda padam, lho heboers. Jarak pandang saat hujan pasti terbatas, itu yang membuat kita harus memeriksa lampu kendaraan. Jangan sampai karena kelalaian kita tersebut bisa mencelakai diri sendiri bahkan orang lain.

  1. Perhatikan genangan air

Saat musim hujan genangan air ada di mana-mana, jangan sampai dilindas begitu saja ya heboers. Kita tak pernah tau kenapa bisa ada genangan air tersebut. Biasanya ada lubang dalam genangannya. Lubang yang dilindas bisa saja dalam dan membuat anda terperosok. Pelan-pelan saja yaa saat melewati genangan air.

  1. Jangan berteduh di sembarang tempat

Ini biasanya dilakukan oleh pengendara roda dua. Karena niat menghindari hujan, pengendara jadi terburu-buru dan bisa saja terjebak di keramaian lalu hujan turun dan pengendara berhenti di mana saja. Jangan lakukan hal itu ya heboers, itu bisa menimbulkan kemacetan apalagi sampai berteduh di bawah fly over. Itu kebiasaan buruk! Coba perhatikan cuaca dengan baik, jika sudah mendung dan tanda-tanda hujan sudah muncul, coba menepi sebelum hujan turun.

  1. Jangan lupa bawa jas hujan!

Ini paling penting, sudah tahu musim hujan dan tak bawa jas hujan? Wah itu sangat keterlaluan. Kita tidak akan tahu selama apa hujan itu turun. Tak mungkin juga semua hujan yang turun ditunggu sampai reda, kecuali memang hanya diam di rumah, hihi. Jas hujan yang dipakai usahakan yang dipakai untuk sendiri atau berbentuk baju. Jika kita memakai jas hujan ponco, usahakan untuk memakainya dengan rapih jangan sampai jasnya terbawa angin dan tersangkut di kendaraan lain atau apapun yang ada dijalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *