Bersama BJB, Ridwan Kamil Luncurkan Kredit Tanpa Bunga

Untuk warga Jawa Barat yang secara ekonomi tak mampu, mulai kemarin (27/11) sudah bisa mengajukan pinjaman atau kredit bank tanpa bunga. Fasilitas ini merupakan pemenuhan janji kampanye Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil dengan difasilitasi Bank BJB.

Melalui akun instagram pribadinya Ridwan Kamil mengatakan, mulai hari kemarin, pertolongan itu hadir. Bagi warga tidak mampu di Jawa Barat yang butuh pinjaman tanpa bunga maupun agunan, cukup datang ke masjid dan rumah ibadah agama lainnya. Tidak perlu ke rentenir lagi atau ‘Bank Emok’.

Fasilitas kredit bank tanpa bunga itu diberi nama Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera). Emil meluncurkan produk keuangan mikro dari Bank BJB di Kampung Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Gubernur Jawa Barat ini sebelumnya sangat prihatin dengan banyaknya warga miskin yang terjerat rentenir. Dirinya pun menggagas pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin, melalui masjid dan rumah ibadah lainnya. Langkah pemberdayaan itu adalah melalui pemberian kredit atau pinjaman tanpa bunga. Peluncuran kredit mikro dilakukan hari ini di 4 masjid dan 1 kelenteng Hok Tek Bio di Leuwiliang Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *