Dolar AS Pagi Ini Naik Tipis ke Rp 14.650

 

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pada pagi ini tercatat Rp 14.650. Keperkasaan rupiah sedikit meluntur setelah kemarin sempat sentuh Rp 14.500-an. Demikian dikutip dari data kurs dolar AS Reuters, Kamis (8/11/2018). Dolar AS pada 24 jam terakhir ini menyentuh level tertinggi 14.650 dan level terendah Rp 14.561.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah menjelaskan penguatan yang terjadi pada rupiah terjadi karena kepercayaan terhadap mata uang garuda ini semakin menguat. Hal ini juga dipengaruhi oleh melemahnya dolar AS terhadap seluruh mata uang di dunia, karena menguatnya ekspektasi kemenangan Partai Demokrat dalam pemilu untuk menguasai kongres AS.

Dia menjelaskan, menguatnya kepercayaan tersebut tercermin dari pelepasan dolar AS oleh investor asing dan bank. Nah, ini yang menyebabkan rupiah menguat sangat cepat di tengah kondisi pasar valuta asing yang sangat likuid. Selain faktor global masuknya dana investor asing juga mencerminkan cofidence terhadap ekonomi domestik tetap kuat ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil dan inflasi yang terjaga rendah dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *