Sudah Masuki Musim Hujan, Ayo Kenali Penyebab Tanah Longsor

Memasuki musim hujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk waspada akan bahaya tanah longsor. Tanah longsor merupakan salah satu peristiwa terjadinya pergerakan tanah yang bergerak menuju ke tempat yang lebih rendah. BNPB memprediksi (31/12) akan terjadi tanah longsor dan banjir di beberapa titik di Indonesia pada awal tahun hingga April 2019.

Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami apa saja penyebab terjadinya tanah longsor. Berdasarkan keterangan BNPB, tanah longsor disebabkan oleh terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng. Salah satu penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi, kemiringan tanah, penebangan liar, juga lahan pertanian yang tidak memperhatikan kestabilan tanah. Selain itu, bencana gempa bumi, gunung meletus, serta getaran akibat kendaraan dan beban bangunan juga mampu memicu terjadinya tanah longsor.

BNPB memberikan beberapa langkah pencegahan yang mampu dilakukan terjadinya bencana tanah longsor. Diantaranya yakni harus menyediakan adanya sistem peringatan dini di wilayah-wilayah tertentu yang rawan longsor, misalnya perbukitan atau tebing.

Selain itu, dianjurkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan untuk membudayakan menanam tanaman pertanian, perkebunan yang sesuai dengan kestabilan lereng. Terakhir, diharapkan masyarakat tidak mendirikan pemukiman di atas lahan yang rawan terjadi longsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *