Bikin Merinding, Ini 5 Film Horror Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton!

Heboers, bukan rahasia lagi kalo cerita film horor identik dengan ketakutan, kengerian, dan semacamnya. Akan tetapi, kejadian di balik layar bisa juga terjadi seperti itu, lho! Entah itu dari sisi cerita yang diangkat bahkan sampai proses shooting film tersebut. Akibat kejadian ini, tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan tentang kebenaran ‘hantu’ dalam cerita-cerita itu. Bahkan, bisa juga menimbulkan dampak psikologis kepada para pemainnya, sang pembuat cerita, atau bahkan kru filmnya. Nah, kira-kira apa aja sih film-filmnya? Ini dia 5 film horor berdasarkan kejadian nyata yang kami rangkum untuk Heboers semua. Sstt… Jangan mengaku pecinta horror kalo belum nonton film-film ini!

  1. Poltergeist (1982)
    Menjadi film terhorror pada masanya, Poltergeist, menceritakan datangnya hantu yang mengganggu kehidupan suatu keluarga. Awalnya, hantu-hantu ini bersikap ‘ramah’ dengan hanya menggerakkan benda-benda di rumah. Namun, suatu ketika mereka mulai menerror keluarga itu sampai akhirnya menculik anak perempuan paling kecil di keluarga tersebut.

    Kisah nyata dari film ini sendiri dialami oleh keluarga Hermanns di New York pada tahun 1958. Selama dua bulan, keluarga tersebut menyaksikan botol-botol di rumahnya yang berjatuh, topi yang terbang di dalam rumah. Bahkan, sampai sebuah patung ‘Virgin Mary’ tiba-tiba bergerak dan memecahkan kaca di depannya. Namun, yang paling berbahaya adalah ketika sebuah rak buku besar jatuh seakan-akan di dorong, padahal tidak ada seorang pun di sana.

    Ketika pelaksanaan shooting, ternyata juga terdapat kejadian tidak mengenakkan. Salah satu pemerannya, Oliver Robin, menjelaskan bahwa ketika adegan karakternya diserang oleh boneka badut, boneka tersebut seakan-akan tidak mau lepas dari lehernya. Adegan itu terjadi di kolong tempat tidur dan ia sempat merasa kesulitan melepaskannya karena merasa seperti benar-benar tercekik.

  2. The Exorcist (1973)
    Film ini memiliki sinopsis tentang dua orang pendeta katolik yang melakukan exorcism kepada seorang anak perempuan yang kerasukan setan. Cerita film ini tentu saja diambil dari kisah nyata pada suatu artikel di The  Washington Post tahun 1949. Berita ini sempat menjadi headline pada masa itu. Menurut pendetanya, mereka juga mengalami hal yang sama seperti di film yaitu kasur yang bergerak dengan kencang, benda yang berterbangan ketika doa dilaksanakan, serta respon dari anak laki-laki yang dilakukan exorcism itu.

    Tidak cuma itu, ketika shooting adegan ketika karakter film kesurupan, memberontak, atau ketika ‘dilempar’ oleh makhluk halus pun hal itu juga membuat sang pemain kesakitan. Linda Blair dan Ellen Burstyn, pemerannya, sampai menderita cedera tulang belakang yang cukup parah karena shooting film ini. Jadi jika kalian lihat beberapa adegan di film The Exorcist ini dan karakternya nampak sangat mendalaminya, itu karena mereka sedang kesakitan!

  3. A Nightmare On Elm Street (1984)
    Bercerita tentang seorang pembunuh ‘supernatural’ yang menerror mangsanya ketika mereka sedang berada dalam tidur yang nyenyak, A Nightmare On Elm Street wajib jadi tontonan kalian bagi pecinta horror. Film ini diangkat akibat adanya fenomena yang diberitakan oleh Los Angeles Times. Fenomena ini adalah suatu kejadian aneh, di mana ada pengungsi Asia yang meninggal dalam tidur mereka secara misterius.

    Keluarga ini baru saja datang ke USA setelah kejadian ‘Killing Fields’ di Kamboja, namun anak laki-laki mereka yang paling kecil masih terbayang akan mimpi buruk dari kejadian tersebut. Anak ini merasa jika ia tertidur, sesuatu di mimpinya itu akan benar-benar membunuhnya. Sampai sekitar satu minggu, anak ini akhirnya bisa tertidur pulas dan keluarga tersebut akhirnya merasa tenang. Namun pada suatu malam, anak ini tiba-tiba berteriak sangat kencang sampai keluarganya datang ke kamarnya. Akan tetapi semua itu terlambat. Ketika didatangi keluarganya, anak itu sudah meninggal terlebih dulu. Hasil pemeriksaan pun juga mengatakan ia bukan meninggal karena masalah jantung, yang merupakan misteri sampai sekarang.

  4. The Conjuring (2013)
    Salah satu film horror fenomenal, The Conjuring, mengangkat soal pengusiran setan yang mengganggu suatu rumah. Pengusiran ini dilakukan oleh dua pasangan pendeta. Film ini di angkat dari kisah nyata, yang menceritakan keluarga Perron yang baru pindah ke suatu rumah di pedesaan Rhode Island pada Januari 1971. Rumah tersebut merupakan rumah ‘turunan’ generasi keluarga yang sama dan banyak dari anggota keluarga tersebut meninggal secara misterius dan mengerikan. Beberapa anak pernah ditemukan tenggelam di danau dekat rumah itu, ada yang dibunuh, dan ada pula yang gantung diri di pohon. Berdasarkan cerita keluarga Perron, awalnya banyak kejadian aneh di rumah itu mulai dari beberapa barang yang hilang secara misterius dan suara-suara aneh ketika malam hari. Ternyata, Bathseba di dalam film ini juga merupakan seseorang yang nyata, lho! Ia adalah seseorang yang tinggal di rumah tersebut pada tahun 1800an dan pada saat keluarga Perron tinggal di sana, itu adalah arwah Bathseba yang sering mengganggunya.
  5. Herditary (2018)
    Film yang cukup berbeda dari film pada umumnya, Hereditary, bercerita tentang suatu kondisi tragedi mimpi buruk suatu keluarga. Film ini bukan menyeramkan seperti dalam bentuk setan namun lebih ke sisi psikologis traumatis yang mengerikan. Sutradaranya sendiri, Ari Aster, bahwa makna dari film ini cukup dalam baginya. Dari beberapa mood menegangkan dan mengerikannya kondisi suatu keluarga dari film ini, mengingatkan Aster pada cerita hidupnya. Bisa dilihat sendiri, bagaimana jalan cerita Hereditary memang menceritakan tokoh-tokoh di keluarga Graham dan nenek moyangnya. Serta bagaimana sisi psikologis dari para tokoh lebih terangkat pada ketakutan-ketakutan mereka. Film ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin melihat film horror psikologis.

 

Jadi bagaimana Heboers? Jangan lupa film-film ini masuk ke dalam list kalian, ya!