Ahmad Dhani Siap Bebas Lebih Cepat

Artis sensasional, Ahmad Dhani dikabarkan akan segera menyelesaikan masa tahanannya terkait kasus vlog ‘idiot’ yang ia buat pada Agustus 2018 lalu. Sebelumnya, hakim Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 1 tahun penjara terhadap suami Mulan Jameela ini. Namun, banding yang diajukan pihak Ahmad Dhani diterima oleh Pengadilan Tinggi Surabaya. Pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Pengadilan Tinggi Surabaya memvonis Ahmad Dhani 3 bulan penjara dengan masa percobaan 6 bulan. 

Dengan pengurangan hukuman tersebut, Ahmad Dhani dapat segera dibebaskan setelah tim kuasa hukum menerima surat putusan. 

Menurut Aldwin Rahadian, salah satu kuasa hukum Dhani, mengaku sangat mengapresiasi putusan tersebut. Dhani seharusnya sudah menghirup udara bebas pada tanggal 28 Desember 2019 mendatang. Namun kebebasan Ayah Al, El dan Dul ini bisa dalam waktu dekat jika Jaksa tidak mengajukan kasasi atas vonis tersebut. 

“Karena sebenarnya Dhani telah menjalani 2/3 masa tahanan, artinya dia punya hak untuk kebebasan bersyarat atau cuti bersyarat,” ucap Aldwin. 

Diketahui, sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Surabaya memuat vonis hasil banding kasus Vlog ‘Idiot’ Dhani itu. Perkara bernomor 1272/PID.SUS/2019/PT SBY itu diputus oleh tiga majelis hakim yang diketuai oleh PH Hutabarat, dan dua hakim anggota, Agus Jumardo dan RR Suryowati, pada Rabu (6/11/2019). Selain menerima permintaan banding Ahmad Dhani dan jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Surabaya, majelis hakim juga mengubah putusan Pengadilan Negeri Surabaya tanggal 11 Juni 2019 Nomor 275/Pid.Sus/2019/PN Sby tentang vonis Ahmad Dhani. 

Ada tiga poin penting dalam putusan hakim tersebut. Pertama, berbunyi menyatakan terdakwa Dhani Ahmad Prasetyo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Kedua, menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 3 (tiga) bulan. Ketiga, menetapkan bahwa pidana tersebut tidak perlu dijalani kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain, disebabkan karena terdakwa melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan selama 6 (enam) bulan berakhir.

Mulanya, ayah Al Ghazali itu berada di daerah kelahirannya, di Surabaya untuk menghadiri acara deklarasi ‘2019 Ganti Presiden’. Namun acara tersebut gagal karena dibubarkan polisi. Dhani yang saat itu menginap di Hotel Majapahit tidak bisa keluar dari hotel, karena dihadang massa pengunjuk rasa. Dari situ lantas dia membuat vlog yang diunggah di akun instagramnya. Isi vlog selain meminta maaf kepada massa aksi deklarasi 2019 Ganti Presiden, karena tidak bisa keluar dari hotel untuk menemui massa aksi. Dalam videonya Dhani menyebut dirinya dihadang oleh aksi massa pro pemerintah dan menyebut pendemo dirinya itu dengan kata ‘idiot’.

Baca Ini Juga YUK!
Citra Kirana Pernah Rencanakan Pernikahan Dengan Ali Syakieb?
Shandy Aulia Tutup Kolom Komentar IG, Ada Apa?

Leave a Reply