‘Perempuan Tanah Jahanam’ Batal Tayang Lagi!

Sutradara Joko Anwar harus kembali merasakan kegagalan untuk mewujudkan impiannya. Setelah pembatalan penayangan film ‘Perempuan Tanah Jahanam’ di Bioskop Atoom, Bogor, Jawa Barat. Kali ini, penayangan yang seharusnya dilaksanakan di Bioskop Grand Theatre Senen terpaksa harus gagal.

Sebelumnya Joko Anwar mengutarakan keinginannya agar penonton bisa merasakan kengeriaan yang lebih besar sehingga ia bertujuan untuk memutar film ‘Perempuan Tanah Jahanam’ di bioskop tua yang sudah lama tidak beroperasi. Bioskop yang dipilih kemudian adalah bioskop Atoom di Bogor, Jawa Barat. Bioskop ini sudah lama terbengkalai dan terakhir beroperasi pada tahun 1998. Marissa Anita, salah satu cast dari ‘Perempuan Tanah Jahanam’ juga sudah meninjau langsung lokasi yang dimaksud.

“Setelah dengar penjelasan penjaga tentang ‘kerasukan massal’, Marissa Anita dan tim ‘Perempuan Tanah Jahanam’ masuk ke dalam Bioskop Atoom untuk memeriksa keamanan bangunannya langsung. Tiba-tiba Tara Basro nelpon,” tulis Joko Anwar pada akun Instagram-nya.

Sayangnya, hal tersebut batal terwujud karena masalah bangunan yang hendak dipakai ternyata sudah sangat tidak layak dan takutnya membahayakan penonton. Sehingga, dicarilah bioskop lain yang lebih memadai. Salah satunya adalah Bioskop Grand Theatre Senen, Jakarta.

Setelah izin telah dikantongi, Joko Anwar segera mengumumkan pemesanan tiket kepada para warganet melalui akun Instagramnya.

“YES! IT’S HAPPENING! Nobar Perempuan Tanah Jahanam di bioskop tua Grand Senen. Buruan daftarrr! GRATISS!! Buat yang berani ajah! #NobarJahanam. DIHADIRI PARA PEMAIN DAN KRU,” kabar sutradara kondang tersebut.

Film yang dibintangi oleh artis peran Tara Basro tersebut rencananya diputar dua kali pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB pada 8 November 2019. Seluruh tiket terjual habis dalam waktu 5 menit.

Namun, kembali terjadi masalah. Izin yang tadinya sudah dipegang oleh Joko Anwar dan timnya terpaksa ditarik kembali oleh orang yang bertanggung jawab atas gedung tersebut tanpa alasan yang jelas.

“Izin udah diberikan tapi ternyata izin tersebut dibatalkan oleh hal yang sampai sekarang kita belum tahu. Tiba-tiba gedungnya disegel dan barang-barang kita yang udah di dalam dikeluarkan. Jadi kita masih belum tahu apa masalahnya yang membuat kita tidak diperbolehkan,” papar Joko Anwar.

Pengumuman ini langsung direspons oleh warganet baik yang telah berhasil mendapat tiket maupun yang gagal.
“Untung aja nggak dapet tiket ternyata gak jadi lagi ya? Sayang sekali ya padahal hype nya lagi bagus,” tulis salah satu akun.

“Yahhh, kok gak jadi bang? Padahal udah siap banget hari ini,” tulis akun lain yang kecewa.

Leave a Reply