Sudah Minta Maaf, Channel Youtube Calon Sarjana Tetap Dibully?

Saluran YouTube ‘Calon Sarjana’ diserang pengguna media sosial lantaran kontennya yang mengambil dari konten kreator lain. Menanggapi hal yang sudah terlanjur ramai tersebut, ‘Calon Sarjana’ memohon maaf kepada konten kreator tersebut melalui jejaring sosial twitter. Ucapan permohonan maaf mereka semakin tersebar luas karena dicapture oleh beberapa orang. Permasalahan mengenai penjiplakan konten tersebut sampai memancing emosi seniman sekaligus sutradara Ernest Prakasa. Ia mengungkapkan kekecewaannya terhadap ‘Calon Sarjana’ melalui akun twitter pribadinya.

“Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gue gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. B*******,” tulis Ernest pada Kamis, (7/11/2019). Ia bahkan menyebut jika channel tersebut mempermalukan satu negara.

Gara-gara ulahnya tersebut, Calon Sarjana pun mengungkapkan permohonan maafnya kepada pihak yang diambil konten dan thumbnailnya yakni ‘JTYoutube’ yang merupakan konten kreator asal United Kingdom.

“Kami segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube “JT” @JTYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan,” tulis ‘Calon Sarjana’ dalam akun twitternya kemarin.

Selain itu, Calon sarjana juga berjanji tidak akan mengulangi kejadian yang merugikan tersebut. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengoreksi kesalahannya.

“Kami berjanji dan memohon kepada para pegiat sosial media, untuk ikut mengawasi dan mengontrol kami kedepannya, supaya tidak melakukan kesalahan yang serupa,” tandasnya.

Sementara, konten yang dimaksud bermasalah tersebut sudah dihapus oleh pihak ‘Calon Sarjana’. Mereka mengaku lalai dalam hal konten yang dibuat seharusnya mencantumkan sumber dari mana mereka dapatkan dan menurut mereka hal tersebut merupakan sesuatu yang kritis. Namun, warganet masih membanjiri twitter ‘Calon Sarjana’ dengan komentar kekecewaan.

“Sebenernya mereka udah tau konsekuensinya dari awal, tapi selagi belum ada yang mempermasalahkan mereka tetep aja membuat konten hasil colongan, baru setelah ada teguran mereka melakukan klarifikasi dan permohonan maaf,” tulis salah satu warganet.

“Pasti besok cari bahan channel yang subscribernya sama viewnya seidikit. Seperti biasa, copy, translate, upload,” komentar warganet lain.

‘Calon Sarjana’ merupakan konten kreator asal Indonesia yang memiliki lebih dari 12 juta subscriber. Channel YouTube tersebut membuat konten berisi sekumpulan hal yang mengejutkan, kontroversial, misterius, lucu, aneh, dan keren.

Baca Ini Juga Yuk! 
Aktor Kim Woo Bin Siap Comeback Setelah Sembuh Dari Kanker
Menara Burj Khalifa Rayakan Ulang Tahun Shah Rukh Khan

Leave a Reply