Ramai #SetorFotoPolusi, Warga Jakarta: Siapkan Masker!

                 sumber: twitter.com/ifahnfh

 

DKI Jakarta selalu penuh akan aktivitas orang-orang di dalamnya setiap hari. Bukan rahasia lagi ibukota ini penuh akan kendaraan bermotornya yang ramai memenuhi jalan. Akibatnya, semakin kesini polusi udara tentu saja semakin banyak.

Pada Selasa (25/6) pukul 08.00 lalu, Jakarta menjadi kota dengan tingkat polusi tert

inggi. Nilai Indeks Kualitas Udara kota ini menyentuh angka 240 atau sangat tidak sehat. Padahal, memasuki angka 201-300 saja sudah bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat. Bahkan, Jakarta sudah melebihi dua kali lipat dari Kota Beijing yang sering disebut sebagai kota polusi.

          sumber: twitter.com/arman_dhani

 

Kemudian pada Rabu (26/6), Indeks Kualitas Udara di Jakarta menjadi 165, yang mana juga masih termasuk berbahaya. Hal ini cukup berbanding jauh dengan Kota Bekasi yang menyentuh angka 99 di Indeks Kualitas Udara.

Menurut akun Instagram penggerak kesehatan, seperti @greenpeaceid dan @akudanpolusi, dalam kondisi seperti ini masyarakat yang beraktivitas di Jakarta harus mulai memakai masker. Kualitas udara seperti ini juga sudah termasuk berbahaya bagi WHO.

Kejadian ini sempat ramai di twitter dengan tagar #SetorFotoPolusi dan menjadi trending topic. Sampai saat ini, belum ada tindakan nyata pemerintah untuk menanggulangi masalah polusi udara ini.

Nah Heboers, tetap jangan lupa jaga kesehatan kalian, ya!

 

(dilansir dari thejakartapost.com & kompas.com)