Hindari Beberapa Makanan Ini, Bisa Mengganggu Tidurmu!

Tidak bisa atau sulit tidur di malam hari memang hal paling mengganggu. Kurang tidur pun bisa berakibat buruk pada ingatan, produktivitas, dan kesehatan manusia. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan hal yang baik bagi kesehatan fisik dan mental kita. Banyak hal yang menjadi penyebab kita kurang tidur, salah satunya adalah pola makan. Untuk itu, kali ini kita bahas mengenai makanan apa saja yang bisa mengganggu tidur kita agar kita bisa menghindarinya dan mendapatkan istirahat yang cukup

  1. Kafein

Meminum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein memang bisa memberi kesegaran. Namun, jangan coba untuk meminumnya ketika larut malam. Kafein merupakan stimulan yang bisa membuat gelisah.

  1. Daging Merah

Menikmati daging memang tidak dilarang. Namun, mengkonsumsi daging, apalagi daging merah saat malam ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Butuh waktu lebih lama untuk mencerna daging dibandingkan dengan makanan lain. Jadi, baiknya saat malam hari kita makan makanan yang lebih ringan saja agar kita merasa nyaman saat tertidur.

  1. Alkohol

Meminum alkohol mungkin jadi pilihan untuk melepas penat. Nyatanya, alkohol justru membuat kita lebih lelah. Alkohol tidak bisa menjamin kualitas tidur kita di malam hari.

  1. Makanan Pedas

Sebagian orang merasa harus makan makanan pedas setiap harinya. Namun, untuk beberapa orang yang memiliki masalah tidur seharusnya bisa menghindari makanan pedas. Unsur pedas dalam cabai bisa mengganggu ketenangan diri kita, sampai bisa membuat kita merasa tak nyaman. Untuk itu, hindari makan pedas yaa, heboers!

  1. Gula

Siapa yang tak suka makanan manis? Makanan dengan kadar gula ini memang menggoda, tetapi sebenarnya gula yang tinggi dapat memberikan dorongan energy instan yang membuat kita merasa tak mengantuk. Daripada konsumsi gula di malam hari, ada baiknya kita memakan buah-buahan, karena manisnya alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *