Ini Penyebab Jerawat Tumbuh Di Area Itu-itu Saja

Pernah gak kamu merasa kesal dengan jerawat yang selalu muncul di tempat yang itu-itu aja? Setelah sembuh, eh, muncul lagi yang baru di tempat yang sama. Jika hal ini terus terjadi, lama-lama kulit yang jadi langganan jerawat bisa rusak. Kamu tahu gak sih, kira-kira apa penyebab jerawat selalu muncul di tempat yang sama? Ini kita kasih tahu yaa heboers penyebab kenapa jerawat selalu muncul di tempat yang sama.

  1. Kosmetik yang salah

Kosmetik bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Terutama pada kosmetik jenis komedogenik yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo di tempat yang sudah berjerawat. Hal inilah yang membuat wajah dipenuhi jerawat di tempat yang sama secara terus menerus.

Jika kulitmu rentan jerawat, sebaiknya kamu harus teliti dalam memilih kosmetik. Pilihlah kosmetik berlabel khusus untuk oily and acne prone skin dan non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori kulitmu. Setelah menggunakan makeup, jangan lupa untuk membesihkan wajahmu kembali!

2. Memakai Produk Perawatan Rambut

Jika jerawat selalu muncul di dahi atau sekitar garis rambut, bisa jadi kamu menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo, minyak rambut atau hair sprayyang kurang cocok. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan yang ada di dalam produk perawatan rambut tidak dibuat untuk kulit wajah.

Saat menggunakan produk tersebut ke rambut, kemungkinan besar akan mengenai kulit di sekitar area dahi sehingga kulit akan mudah terkena iritasi dan muncul jerawat. Gunakan produk perawatan rambut secukupnya saja dan atur jarak ketika kamu hendak menyemprotkan hair spray. Pastikan jangan sampai mengenai kulit wajahmu!

3.  Menyentuh dan Memegang Wajah

Tanpa disadari, kebiasaan buruk ini ternyata bisa menjadi penyebab kulit berjerawat. Karena tanganmu bisa menjadi sumber bakteri dan berbagai macam kotoran. Kuman-kuman tersebut akhirnya berpindah dari tangan ke wajah lalu menyebabkan jerawat.

Semakin sering kamu menyentuh wajah, semakin besar kemungkinan kulit yang kamu sentuh akan ditumbuhi jerawat. Kurang-kurangin pegang wajah kalau tangan kotor yaaa!

4. Adanya Jerawat Kistik

Dilansir dari laman Women’s Health, Joshua Zeichner, M.D., seorang Direktur kosmetik dan klinik dermatologi di Mount Sinai New York mengungkapkan jika ada satu jenis jerawat yang sering muncul di tempat yang sama, yaitu jerawat kistik.

Jerawat kistik sendiri merupakan jerawat yang tumbuh dalam jumlah banyak dan menumpuk pada area wajah tertentu. Biasanya berbentuk kecil-kecil, berwarna kemerahan dan kerap meninggalkan bekas yang dalam pada kulit. Belum ada perawatan yang bisa dilakukan sendiri untuk menghilangkan jerawat jenis ini. Jika kamu memiliki jerawat kistik, sebaiknya langsung konsultasikan dan lakukan pengobatan secara khusus ke dokter kulit supaya lebih aman ya.

5. Kadar Hormon di Dalam Tubuh

Penyebab munculnya jerawat tidak melulu karena faktor dari luar saja, adanya hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh juga menjadi salah satu alasan kenapa jerawat kerap muncul di wajahmu. Saat periode menstruasi, hormon progeteron dan kadar testosterone meningkat sehingga kelenjar minyak di bagian wajah pun jadi lebih sensitif. Akibatnya, pori-pori bisa tersumbat dan membuat bakteri penyebab jerawat berkembang biak. Tak hanya di daerah langganan saja yang muncul jerawat, di area lainnya juga bisa ditumbuhi jerawat selama periode menstruasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *