Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih

Kabar duka dari pasangan pesinetron Ammar Zoni dan Irish Bella masih hangat di benak masyarakat Indonesia. Meninggalnya bayi kembar milik pasangan artis ini membuat publik ikut berduka. Sebelumnya dikabarkan Irish Bella mengidap penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK), menurut suaminya, Ammar Zoni, dokter sempat mengindikasi adanya infeksi saluran kemih di kehamilannya yang masih 6 bulan lalu. Namun setelah diperiksa, Irish sudah kembali sehat dan tidak ada masalah. 

Melansir American Pregnancy Organization, kehamilan usia 6 hingga 24 minggu memiliki peningkatan risiko terkena infeksi ini. Infeksi ini juga lebih sering terjadi selama kehamilan karena perubahan saluran kemih. Saat rahim membesar, peningkatan beratnya dapat menghalangi drainase urine dari kandung kemih dan ini menyebabkan infeksi.

Masih berdasarkan laman yang sama, berikut beberapa gejala dari ISK pada wanita hamil:

– Nyeri atau terbakar (tidak nyaman) saat buang air kecil

– Kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya

– Perasaan urgensi saat buang air kecil

– Darah atau lendir dalam urine

– Kram atau rasa sakit di perut bagian bawah

– Nyeri saat berhubungan intim

– Jumlah urine berubah, baik, lebih atau kurang

– Ketika bakteri menyebar ke ginjal Anda mungkin mengalami sakit punggung, menggigil, demam, mual, dan muntah.

ISK dapat menyebabkan infeksi ginjal, sehingga menyebabkan persalinan dini dan berat badan lahir rendah. Sedangkan jika dokter mengobati ISK sejak dini, maka penyakit ini tidak akan membahayakan bayi.

Leave a Reply