Makna Tradisi Unik Perayaan Imlek

Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek merupakan momen bersejarah bagi warga keturunan Tionghoa. Tradisi-tradisi unik yang ada pada perayaan Imlek merupakan budaya yang patut dipertahankan. Berikut makna tradisi unik yang biasa dilakukan saat perayaan Imlek.

Mendekorasi Ruangan Serba Merah

Ketika Imlek datang, biasanya rumah didekorasi semeriah mungkin. Mendekorasi ruangan dengan warna merah yang dominan pun memiliki arti kemewahan, keberuntungan, dan kekuatan. Selain itu merah juga dipercaya dapat mengusir Nian yang merupakan salah satu jenis hewan buas saat perayaan Imlek. Kalimat-kalimat berisi harapan baik juga ditempelkan di tiap sudut ruangan.

 

Menyalakan Kembang Api

Menyalakan kembang api dianjurkan untuk mengusir nasib buruk dan kemalangan pada diri seseorang di tahun sebelumnya dan menyambung keberuntungan di tahun yang akan datang.

 

Membagikan Angpao

Pengisian angao tidak diperbolehkan mengandung unsur angka nomor 4 dan mengandung angka ganjil. Angka 4 dimaknai membawa kesialan sedangkan angka ganjil sendiri berhubungan dengan angpao. Tradisi ini sebagai salah satu upaya mentransfer kesejahteraan untuk memperlancar rezeki di tahun selanjutnya.

 

Barongsai dan Liong

Identik dengan Barongsai dan Liong, keduanya memiliki makna tersendiri saat perayaan Imlek. Orang Tionghoa mempercayai bahwa tarian Barongsai dan Liong akan membawa keberuntungan bagi mereka. Keberadaan Barongsai dan Liong juga dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat yang mengganggu.

 

Menyantap Makanan Khas Imlek

Menyantap makanan saat perayaan Imlek memiliki makna tersendiri. Makanan khas yang ada saat Imlek dipercaya mampu berikan keberuntungan dan mempererat jalinan antar keluarga saat di meja makan.

One thought on “Makna Tradisi Unik Perayaan Imlek

  • April 11, 2019 at 8:56 am
    Permalink

    What’s Happening i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively useful and it has helped me out loads. I hope to contribute & aid other users like its aided me. Good job.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *