Fenomena Crosshijaber Gegerkan Media Sosial

Baru-baru ini heboh sebuah kelompok bernama ‘Crosshijaber’yang muncul di media sosial. Mereka langsung menjadi pusat perhatian karenamelakukan aksi yang terbilang berani, mereka merupakan para pria yangmengenakan busana layaknya perempuan Muslim, lengkap dengan hijab menutupikepalanya. Kelompok ini pun terbilang cukup eksis di media sosial, bahkan paracrosshijaber ini sudah memiliki akun instagram sendiri yang diberi nama@cross.hijaber. Sudah sekitar seribu warganet yang mengikuti akun tersebut. Namun,saat ini akun tersebut sudah lenyap, entah apa yang membuat akun ini lenyap.

Kemunculan kelompok ini diawali dari dari beredarnya foto tangkapan layar yang memperlihatkan eksistensi crosshijaber di Indonesia. Akun twitter @Infinityslut mencoba merangkum beberapa momen kelompok ini yang menunjukkan jati dirinya di media sosial. Dari akun crosshijaber, seorang pria menceritakan apa alasan mereka aksi ini.

Seorang pria yang merupakan salah satu anggota dari crosshihjaber menceritakan alasannya menggunakan pakaian wanita hingga masuk ke masjid dan toilet wanita. Karena banyak pertanyaan yang datang seperti misalnya, kak kok berani sih sampai keluar-keluar gitu atau kok berani sih ke masjid. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengundang dirinya untuk membalasnya.

“Kalau kalian masih takut atau ragu, mending udahan deh hobi jadi crosshijaber. Sebenarnya berani itu bukan modal utama, modal yang paling penting itu niat. Karena kalau kita niat, kita pasti bisa dandan lebih maksimal lagi, kalau niat, kita bisa tampil lebih maksimal lagi. Dan kalau kita niat, kita bisa beli makeup, baju, dan lain-lain. Satu prinsip aku: kalau kita pede sama dandanan kita, berarti gak ada yang harus ditakuti lagi. Yakin aja kalau kita cewek. Tempatin kalau diri kalian tuh cewek. Karena kalau diri kalian sudah pede sama outfit, orang lain juga bakal ngira kalau kamu itu cewek.”

Mengenai kelompok ini, bisa jadi yang dilakukan oleh mereka merupakan tindakan kriminal. Sebab, jika si pelaku melakukan upaya untuk mendekati perempuan, dan nantinya ini dapat berkembang menjadi sebuah pelecehan. Upaya mereka yang menggunakan pakaian seperti layaknya seorang perempuan, ini dapat dilihat dari aksi mereka yang sampai masuk ke ranah privasi perempuan dapat dikatakan sebagai sebuah kasus kriminal. Para crosshijaber ini dengan mudahnya masuk toilet perempuan dan berada di saf perempuan di dalam masjid. Ini tentu bukan sesuatu yang dapat dikatakan benar dan wajar. Masyarakat diharapkan jangan menganggap hal menyimpang tersebut jadi sesuatu yang tidak bermasalah dengan alasan tertentu. Warganet juga menganggap bahwa hal ini merupakan sebuah penyimpangan dan mereka beranggapan jika mereka memiliki kelainan. 

Baca juga: https://heboh.com/entertainment/selebrity/go-public-ini-postingan-pertama-rezky-dan-ciki/