Kronologi Meninggalnya Atlet Timnas U-16

Kabar duka datang dari salah satu anggota Timnas Indonesia U-16, Alfin Farhan Lestaluhu. Meski sebelumnya telah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Alfin dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 31 Oktober 2019 lalu. 

Kematiannya ini diakibatkan gempa yang melanda Ambon dan sekitarnya di provinsi Maluku pada 26 September 2019 lalu. Gempa dengan magnitudo sebesar 6,8 skala richter membuat banyak orang yang ada di sekitar Maluku terkena musibah, termasuk Alfin Lestaluhu. Alfin langsung dilarikan ke Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon untuk menjalani segala pemeriksaan dan pengobatan. Karena Alfin sempat berada di tenda pengungsian pasca gempa. Pemuda 15 tahun itu syok melihat tragedi gempa di Ambon hingga dikabarkan tidak nafsu makan. Raut wajahnya pucat dan diberi alat bantu pernapasan.

Setelah mengetahui keadaan Alfin, PSSI berinisiatif membawa Alfin ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan. Hal ini diketahui lewat postingan Instagram milik PSSI.

“Hari ini (07/10/19) PSSI membawa Alfin Lestaluhu ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan intensif di RS Royal Progress. Lekas pulih, Alfin!” tulis PSSI ketika itu.

Berangkat dari Ambon menuju Jakarta, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini didampingi oleh ayahnya, Erwin Lestaluhu, Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Maluku, Sofyan Lestaluhu, dan dokter dari RST Ambon. Alfin pun dibawa ke Rumah Sakit Royal Progress di bilangan Jakarta Utara. 

Sayangnya setelah 23 hari dirawat, Alfin menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit encephalitis (infeksi otak) dengan hypoalbumin. Jenazah Alfin rencananya akan dibawa dan dimakamkan di kampung halamannya di Ternate, Ambon. 

Alfin Farhan Lestahulu merupakan bintang sepak bola untuk Timnas Indonesia U-16. Ia merupakan pemuda kelahiran 2004 ini menjadi sosok pahlawan bagi Timnas U-16.

Baca Ini Juga YUK!
Ari Wibowo: Kondisi Dylan Carr Kritis
Ngefans Berat, Rizky Febian Canggung Duet Dengan Eva Celia