Kunai, Senjata Ninja Yang Buat Wiranto Terluka

Menkopolhukam Wiranto ditusuk oleh orang tak dikenal pada Kamis siang (10/10) lalu di Pandeglang, Banten, Jawa Barat. Dalam insiden tersebut, senjata yang digunakan untuk menyerang Wiranto yaitu Kunai menjadi pusat perhatian warganet, karena memiliki kemiripan dengan senjata yang digunakan Naruto. Senjata tersebut berwarna hitam dengan lilitan di gagangnya. Di ujungnya tampak berbentuk lingkaran yang berlubang. Jika selama ini kunai hanya dianggap sebagai senjata fiksi, kasus ini membuktikan bahwa kunai memang benar adanya.

Kombes Pol Edy Sumardi, Kabid Humas Polda Banten, membenarkan bahwa pisau belati yang digunakan untuk menusuk Wiranto dan mengakibatkan tiga orang lainnya terluka bentuknya mirip dengan kunai, pisau lempar yang biasa digunakan oleh Ninja. Ia mengatakan jika bentuk dari pisau tersebut ada bulatan di ujungnya, seperti kunai.

Rumah kontrakan pelaku pun sudah digeledah oleh tim Densus 88. Namun, pihaknya tidak bisa menjelaskan barang bukti (BB) apa saja dan jumlah BB yang disita oleh tim anti teror tersebut. Ada banyak barang bukti yang dibawa oleh pihak kepolisian, namun pihak kepolisian belum bisa menjelaskan mengenai apa saja barang bukti yang disita. Sedangkan, putri kedua pelaku diklaim Edy telah dibawa pulang ke Medan, Sumatera Utara, ke rumah orang tua pelaku berinisial SA. Namun, dia mengaku tidak mengetahui siapa yang mengantar atau menjemput putri pelaku tersebut.

Kunai sebenarnya merupakan perkakas sehari-hari untuk menggali, mirip cetok atau sekop, tetapi berbentuk datar. Kunai juga bisa ditancapkan di dinding supaya bisa dipanjat. Kunai berukuran sekitar 35 hingga 48 cm disebut sebagai ‘daikunai’, sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai shokunai. Namun, pada perkembangan selanjutnya, kunai menjadi senjata tajam mirip pisau, meski tidak setajam pisau.

Kunai ini bisa digunakan sebagai senjata lempar, bila digunakan sebagai senjata lempar, maka lubang gagang kunai akan diberi kuncir supaya lemparan lebih stabil. Kunai sudah digunakan sejak era Tensho abad ke 11 Masehi. Kunai biasa digunakan ninja yang sehari-hari bekerja sebagai tukang kebun tanpa dicurigai siapapun, karena kunai pada awalnya memang perkakas berkebun. Kunai yang digunakan untuk menusuk Wiranto ini berbentuk lancip di ujungnya. Gagangnya dililit tali merah dengan ujung bundar berlubang.