Peringatan Kanker Payudara, No Bra Day Jadi Trending!

Peringatan hari No Bra Day jatuh pada Minggu (13/10). No Bra Day merupakan sebuah peringatan hari yang dibuat oleh para wanita mengingat banyaknya wanita yang menderita kanker payudara. Gerakan No Bra Day dilakukan untuk menganjurkan para wanita agar tidak memakai penutup payudara tersebut selama satu hari. Gerakan No Bra Day merupakan gerakan yang dibuat untuk mendukung para wanita yang menderita kanker payudara sebagai aksi moral. 

Kampanye gerakan No Bra Day tidak diketahui secara jelas kapan dimulainya, namun gerakan tersebut sudah ada sejak tahun 2011 dimulai oleh wanita di Amerika Serikat yang peduli akan kanker payudara. Gerakan No Bra Day tersebut juga mengingatkan para wanita untuk selalu dapat mendeteksi penyakit berbahaya tersebut secara dini. Pada bulan Oktober juga diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Oktober. 

Lalu apakah rumor memakai bra dapat menyebabkan kanker payudara? Dikutip dari laman kompas.com melalui breastcancer.org bahwa hal tersebut didasarkan pada dua hal berikut:

  • Zat kimia antriperspiran yang terserap melalui kulit, menghalangi terlepasnya racun saat berkeringat, dan menyebabkan racun-racun tersebut terkumpul di payudara.
  • Bra berkawat dapat menyebabkan kanker karena menghalangi pengaliran cairan getah bening dari bawah payudara sehingga tidak dapat kembali ke tubuh.