Fakta Mengejutkan Bagi Para Pecinta Makanan Laut

Bagi sebagian orang udang, kerang, cumi, dan hewan laut lainnya menjadi makanan favorit. Makanan laut menjadi salah satu sumber gizi yang baik bagi tubuh manusia. Rasanya yang lezat menjadikan makanan laut atau seafood menjadi pilihan bagi para pecintanya. Jika dikonsumsi berlebihan makanan laut akan menyebabkan darah tinggi serta kolestrol. Tetapi bagi kalian pecinta seafood ada yang fakta yang mencengangkan mengenai makanan kaya gizi ini.

 

Menurut penelitian dari para ilmuwan University of Ghent Belgia, konsumsi makanan laut secara rutin setara dengan konsumsi 11.000 mikroplastik setiap tahunnya. Walaupun mikroplastik yang tertelan akan terbuang dengan kotoran, tetapi hampir sebagian besar mikroplastik tersebut mengendap di jaringan tubuh. Pemimpin penelitian, Dr. Colin Jansssen mengatakan keberadaan partikel plastik jadi masalah serius. Info tersebut dilansir dari national geographic.

 

Mikroplastik yang melekat pada hewan laut tersebut berasal dari sampah yang mencemari lautan dan termakan oleh hewan laut. Hewan laut yang dikonsumsi manusia itu akan terakumulasi dan menimbulkan risiko kesehatan dalam jangka panjang. Menurut info yang ada, ada 5 triliun partikel plastik di lautan lepas. Jumlahnya akan meningkat pada 2050 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *