Miris, Monyet di Kosta Rika Diduga Tercemar Pestisida

Monyet howler memiliki warna rambut hitam. Tetapi ada sekitar 21 ekor monyet howler liar di Kosta Rika yang memiliki warna rambut berbeda dari biasanya. Hewan yang memiliki nama latin Alouatta Palliata ini memiliki warna kuning di sekitar tangan, kaki, dan ekor monyet. Peneliti setempat pun menemukan ada 2 ekor monyet yang memiliki warna rambut kuning di sekujur badannya.

Warna hitam, abu-abu serta coklat gelap pada tubuh monyet hawler membutuhkan pigmen eumelanin. Pigmen eumelanin tersebut berubah menjadi pigmen pheomelanin yang memproduksi warna kuning, merah, dan oranye. Informasi tersebut dilansir dari Science Alert. Menurut peneliti setempat, perubahan warna tersebut disebabkan adanya kandungan belerang. Penelitian tersebut pun dipublikasikan di jurnal Mammalian Biology.

Negara Kosta Rika adalah negara pengguna pestisida terbesar di dunia. Penggunaan pestisida dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Perubahan warna pada monyet hawler ini sebenarnya tidak membahayakan. Hanya saja hal tersebut dapat membuat monyet rentan terkena serangan predator buas.