Ini Rahasia di Balik Indahnya Kembang Api

Bagaimana perayaan tahun baru kalian, heboers? Masihkah selalu meramaikannya dengan kembang api? Sekalipun tidak, pastinya kita tetap bisa menikmati kembang api itu di langit pada malam pergantian tahun. Namun, apa kalian mengetahui kenapa kembang api bisa seindah yang sering kita lihat? Melansir dari live science, semua kambang api dikemas dengan campuran bahan kimia agar bisa menghasilkan ledakan yang berwarna.

Setiap kembang api memiliki bagian yang disebut cangkang udara, yaitu sebuah tabung berisi bubuk mesiu dan banyak bintang kecil berukuran tiga sampai empat sentimeter. America Chemical Society (ACA) mengungkapkan bintang kecil tersebut mengandung bahan bakar, zat pengoksida, pengikat, dan garam logam (garam oksida) yang memberikan warna pada kembang api.

Lalu, mengapa bisa menghasilkan penampakan yag indah? Ketika sumbu kembang api dinyalakan dan bubuk mesiu terbakar, selanjutnya cangkang udara akan meledak. Itu menyebabkan bintang kecil dalam cangkang tersebut menyebar ke atas lalu memancarkan cahaya berwarna. Hal tersebut dikarenakan ketika terpapar api bahan bakar dan zat pengoksida bintang menghasilkan panas yang sangat cepat dan menggantikan cahaya berwarna yang mengandung pewarna.

Wah ternyata rumit juga yaa, heboers, proses untuk menjadi kembang api yang indah. Tidak semudah kita saat menyalakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *