Sering Terima SMS dari Nomor Tak Dikenal? Begini Cara Atasinya

Sering Terima SMS dari Nomor Tak Dikenal? Begini Cara Atasinya
pesan singkat

Heboh.com, JakartaSeberapa sering kamu menerima SMS atau pesan singkat dari nomor tak dikenal? Isi pesannya juga beragam. Mulai dari mendapat penawaran pinjaman online, pemberitahuan tentang menang kuis atau undian berhadiah, hingga tidak jarang berbau-bau pelecehan. Seringnya mendapat pesan tersebut baru-baru ini heboh karena banyak dikeluhkan oleh salah satu provider terkenal di Indonesia. Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan nih untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk simak!

1. Buat Laporan ke OJK

Jika ada yang mengirimu pesan untuk melakukan transfer sejumlah uang atau pinjaman dana, kamu harus waspada dan tidak boleh begitu saja percaya. Apalagi jika pesan tersebut dikirim oleh orang tidak dikenal. Sebaiknya kamu bisa buat laporan ke Otoritas Jasa Keuangan untuk bisa ditindaklanjuti. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan screen capture pesan tersebut lalu mengirimkannya ke Layanan Konsumen OJK via e-mail ke konsumen@ojk.co.id atau hubungi nomor 157. Jangan lupa pastikan bahwa pesan tersebut harus memuat informasi nomor rekening dan nama bank agar bisa diproses lebih lanjut.

Baca Yuk! WHO Akui Covid-19 Bisa Lewat Udara

2. Buat Laporan ke Kominfo

Gangguan-gangguan yang sering kamu terima termasuk pesan atau panggilan spam, bisa juga kamu laporkan ke Kominfo melalui BRTI atau Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia. Kamu bisa langsung akses layanan.kominfo.go.id dan pilih Aduan BRTI. Nantinya kamu akan dimintai identitas pribadi oleh petugas seperti nama, alamat e-mail, dan nomor telepon seluler, serta capture pesan atau rekaman percakapan spam yang kamu terima. Laporan ini juga bisa kamu adukan ke media sosial twitter @aduanbrti loh.