Makanan Sehat yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Makanan Sehat yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Heboh.com, Jakarta - Setelah menahan lapar dan haus sepanjang hari,  umat muslim akan merasakan kenikmatan saat berbuka. Namun pada saat berbuka tidak semua jenis makanan atau minuman baik yang dikonsumsi saat berbuka puasa, terutama makanan dan minuman manis yang katanya dapat meningkatkan tenaga. Dan juga dianjurkan untuk banyak konsumsi air putih serta makanan yang rendah lemak dan yang mengandung gula alami.

Berikut adalah menu sehat berbuka puasa:

1. Kurma

Sumber Instagram / produk_saudia

Berbuka dengan buah kurma dan minum air putih sangat disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena kurma memiliki kandungan gula yang alami dan dapat memberikan energi, Selain itu kurma juga mengandung banyak mineral seperti kalium dan serat.

2. Sup

Sumber Instagram / wen_saja

Makanan berkuah seperti sup maupun hingga soto merupakan sebuah pilihan yang pass untuk menu berbuka puasa. Selain kayak dengan cairan, namun memberikan nutrisi yang cukup dan membuat kenyang.

3. Buah-buahan

Source: Instagram/ibumart

Mengawali berbuka puasa dengan mengkonsumsi buah-buahan segar rupanya baik untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Buah segar yang dinikmati pada saat berbuka  karena buah dapat dengan mudah dicerna oleh usus. Lalu buah-buahan memiliki kandungan air yang banyak seperti, semangka, hingga anggur yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan berguna untuk menambah cairan pada tubuh.

4. Sayur- sayuran

Source instagram/mutmainnahmut14

Sayur-Sayuran juga sangat baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa, karena dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Namun pada saat berbuka puasa kita harus banyak mengonsumsi makanan yang mudah dicernah oleh tubuh pada saat berbuka puasa, lambung akan beristirahat, sehingga ukuran lambung akan menjadi mengecil, dan enzim pencernaan tubuh juga akan berkurang. Karena sayuran hijau banyak sekali mengandung nutrisi, seperti serat, pretein, mineral, vitamin, hingga zat besi yang berguna untuk tubuh.

5.  Es krim

Source Instagram/lahaapkuliner

Es krim juga merupakan menu sehat dalam berbuka puasa loh. Namun pilihlah es krim yang memiliki rendah lemak dan rendah gula, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan. Pilihlah es krim dengan bahan-bahan yang sehat, seperti kacang hijau, ketan, mangga dan es krim yang lainnya.

Hal ini disebabkan karena kacang hijau memiliki sangat banyak kaya akan asam amino (protein) yang nantinya akan membantu sebagai zat pembangunan tubuh dan dapat membantuh mempelancar kerja tubuh. Sehingga memiliki fitonutrien sebagai zat anti mikroba dan anti peradangan yang membantu untuk melawan bakteri berbahaya terhadap berbagai penyakit.