Tidak Sembarang Pilih! Inilah Makanan yang Bersahabat bagi Penderita Maag

Tidak Sembarang Pilih! Inilah Makanan yang Bersahabat bagi Penderita Maag
penderita maag

Heboh.com, Jakarta - Penderita maag memang tidak bisa asal-asalan, dalam memilih menu makanannya. Sebab, ada makanan yang harus dihindari, agar maag tidak kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit maag sendiri merupakan salah satu masalah pada lambung, biasanya maag membuat penderitanya merasakan perut kembung dan terasa sakit. Jika maag sudah kambuh tentunya akan membuat tidak nyaman dan cukup menganggu aktivitas, sehingga biasanya orang-orang akan mengonsumsi obat khusus untuk meredakannya ketika maag sedang kambuh.

Makanan yang Anda makan memengaruhi jumlah asam yang dihasilkan lambung Anda. Mengonsumsi jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan asam lambung. Berikut ini sumber makanan yang bisa dipilih oleh penderita maag :

Baca Yuk!

Rekomendasi Jus Buah Segar untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sayang untuk Dilewatkan, Ini Manfaat Bersepeda yang Perlu Kamu Tau!

1. Oatmeal. 

Populer dengan kandungan gizi serta manfaatnya, oatmeal juga tidak boleh dilewatkan oleh Anda yang menderita penyakit asam lambung. Kaya akan serat, gandum bisa membuat lambung Anda terhindar dari pengosongan yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada lambung. 

2. Roti. 

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

3. Brokoli. 

Sayuran ini mengandung senyawa sulphoraphane yang ampuh untuk “membasmi” bakteri Helicobacter pylori(H. pylori) penyebab asam lambung, lho. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumi cabang brokoli muda, karena terbukti memiliki kandungansulphoraphane hingga 50 kali lebih banyak dari brokoli yang sudah tua.

4. Buah melon. 

Buah melon memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga dan melindungi dinding lambung. Kandungan tersebut juga bisa menyembuhkan ulcus yang terinfeksi oleh bakteri Helicobacter pylori yang menjadi salah satu penyebab maag.

5. Ikan. 

Ikan mengandung lemak sehat yang tinggi. Dengan begitu, Anda diperbolehkan makan ikan, tentunya yang segar dan sesuai dengan kemampuan tubuh menerimanya. Sebab, tak sedikit juga dari Anda yang alergi seafood.