Selamat Ulang Tahun, Google! Hati-Hati, Android Lama Tidak Bisa Akses Google Lagi!

Selamat Ulang Tahun, Google! Hati-Hati, Android Lama Tidak Bisa Akses Google Lagi!

Heboh.com, Jakarta - Google, mesin pencarian (search engine) ternama sedang merayakan hari ulang tahunnya ke-23 pada Senin, 27 September 2021. Menurut laman Wikipedia, Google resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Namun, pada ulang tahunnya yang kelima atau tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September. Nah, kali ini ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, yaitu 27 September.

Yang menarik pada hari ini, halaman utama Google menampilkan doodle spesial dengan bentuk kue ulang tahun berwarna coklat, lengkap dengan tulisan Google berwarna-warni dengan nada pastel dan lilin ulang tahun yang menancap diatas kue. Doodle kue dan tulisan tersebut juga bertabur meses warna-warni yang membuatnya terkesan lucu, imut dan meriah.

Source: Google

Baca Yuk!
iOS 15 Resmi Diliris, Cek Fitur Baru dan Daftar Iphone yang Kompatibel
Chris Pratt dan Anya Taylor-Joy Isi Suara di Film Animasi Super Mario Bros

Ngomongin tentang Google nih, mulai tanggal 27 September ini ponsel dengan perangkat android lama yang tidak up to date akan mulai tidak bisa mengakses Google. Dikutip dari The Sun, perangkat yang menggunakan Android 2.3 yang diluncurkan pada 2010 akan dikunci dari Google. Aplikasi Google populer yang akan berhenti berfungsi termasuk Gmail, YouTube, Google Maps, Play Store, Google Kalender, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan sebagai upaya dari Google untuk menjaga keamanan penggunanya. Hal ini juga dikarenakan sistem operasi Android versi lama, jauh lebih rentan terhadap bug dan peretas.

Sementara, Sistem Operasi Android terbaru saat ini adalah Android 11, dan Android 12 yang akan segera diluncurkan. Mengutip dari CNN Indonesia, dua versi Android terakhir keluar pada awal September 2019 ketika meluncurkan Android 10, dan Android 11 pada September 2020. Meskipun pandemi mengganggu siklus pengembangan Android 11, Google diprediksi masih akan merilis OS terbaru, yaitu sekitar menjelang akhir tahun 2021 ini.