Bangga, Indonesia Masuk 4 Negara ASEAN yang Sudah Koleksi Medali Emas Olimpiade

Bangga, Indonesia Masuk 4 Negara ASEAN yang Sudah Koleksi Medali Emas Olimpiade
tontowi ahmad dan liliyana natsir raih medali emas di olimpiade rio 2016

Heboh.com, Jakarta - Perhelatan olimpiade empat tahunan pasti sangat dinanti oleh para atlet di seluruh dunia. Ajangnya yang prestise membuat mereka berlomba-lomba bisa naik podium dengan kalungan medali emas. Tak heran, setiap negara tentu menyiapkan para atletnya untuk bisa meraih prestasi itu. Bagi negara di kawasan Asia Tenggara sendiri, tercatat baru 4 negara yang sudah pernah meraih medali emas olimpiade. Indonesia juga termasuk salah satu negara di antaranya. Ada negara mana lagi selain Indonesia?

1. Thailand

Negeri Gajah Putih, Thailand, menduduki posisi puncak negara ASEAN yang punya koleksi medali terbanyak dari ajang olimpiade. Thailand sudah mengantongi 33 medali dengan rincian 9 medali emas, 8 medali perak, dan 16 medali perunggu.

2. Indonesia

Negara kita hanya terpaut 1 medali saja dari Thailand. Hingga saat ini, Indonesia sudah mengoleksi 32 medali dengan rincian 7 medali emas, 13 medali perak, dan 12 medali perunggu. Seluruh medali emas tersebut diraih dari cabang olahraga bulutangkis yang memang selalu diandalkan kontingen merah putih.

Baca Yuk! Bulutangkis: Andalan dan Kebanggan Indonesia di Olimpiade

3. Singapura

Olimpiade Brazil 2016 menorehkan sejarah bagi negara Singapura. Lewat perenang Joseph Schooling, Negeri Singa ini pertama kalinya meraih medali emas olimpiade. Tentu saja hal ini membuat Singapura sudah mengumpulkan 1 medali emas, 2 medali emas, dan 2 medali perunggu sepanjang keikutsertaan mereka di olimpiade.

4. Vietnam

Hoang Xuan Vinh juga adalah pengukir sejarah bagi negaranya karena sukses meraih medali emas pertama bagi Vietnam yang ia raih di Olimpiade Brazil 2016. Sehingga, Vietnam kini telah meraih 1 medali emas dan 3 medali perak selama penyelenggaran olimpiade.