Bikin Seger, Ini Dia Top 5 Es Nusantara Paling Populer

Bikin Seger, Ini Dia Top 5 Es Nusantara Paling Populer
es doger

Heboh.com, Jakarta - Tak kenal usia, tak kenal jabatan, es pasti disukai semua orang. Sensasi segarnya nggak mungkin bisa ditolak. Apalagi, kalau yang disantap adalah es khas nusantara. Kita tentu nggak sulit menemukan es-es ini dan harganya juga pas di kantong. Langsung simak aja ada 5 es nusantara paling populer. Kalau kamu paling suka yang mana?

1. Es Cendol

Es satu ini memang hits lagi gara-gara lagu Pamer Bojo yang diselipkan lirik cendol-dawetnya. Tapi, keduanya beda ya. Es cendol jadi kesukaan semua orang karena teksturnya yang lebih kenyal. Dilengkapi dengan campuran air gula merah, emang udah the best  banget deh es cendol ini.

2. Es Buah

Satu lagi yang sering dikira sama yaitu es buah dan sop buah. Es buah biasanya kuahnya lebih bening karena menggunakan campuran air dan susu. Pemilihan buahnya juga cenderung ke buah yang berair seperti semangka, melon, pepaya, dan bisa ditambah nata de coco. Es buah juga jadi favorit karena mudah dibuat.

Baca Yuk! Heboh! Es Krim Rasa Mie Goreng, Tertarik Mencoba ?

3. Es Doger

Kata doger pada es doger merupakan singkatan dari dorong gerobak. Ya, si penjual biasanya memang menjajakan esnya sambil berkeliling mendorong gerobak. Es yang segar lalu diduetkan dengan isian ketan hitam dan tape, memang menghasilkan perpaduan yang pas apalagi di saat cuaca panas.

4. Es Pisang Ijo

Es populer berikutnya ada es pisang ijo. Es asal Makassar satu ini dijamin nggak pernah bikin kita kecewa. Potongan pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau cocok banget dipadukan dengan kuah santan, sirup, dan tambahan bubur sumsum yang lembut.

5. Es Campur

Campur-mencampur memang jadi ciri khas es satu ini. Buatnya bisa sesuai selera. Isian buahnya bisa pilih sendiri. Warna kuahnya juga bebas, bisa bening, putih, atau pink. Dicampur lagi dengan toping tambahan seperti kolang-kaling atau cincau hitam pun boleh banget dan tetap enak disantap.