Kenali Penyakit yang Dapat Menyerang Sistem Reproduksimu

Kenali Penyakit yang Dapat Menyerang Sistem Reproduksimu
Ilustrasi orang sakit

Heboh.com, Jakarta – Sistem reproduksi wanita dengan pria tentulah berbeda. Jaringan-jaringan penyusun sistem reproduksi wanita dan pria juga memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Meski berbeda, pada dasarnya sistem reproduksi pada pria maupun wanita ini ada untuk memungkinkan adanya pembuahan yang berujung pada kehamilan pada wanita.

Sistem reproduksi ini memiliki peuang untuk mengalami gangguan atau terkena penyakit. Ada beberapa penyakit reproduksi yang hanya menyerang wanita saja ataupun pria saja dikarenakan struktur reproduksi pria dan wanita yang berbeda.

Namun, seorang wanita dan seorang pria sama-sama memiliki peluang untuk terkena penyakit sistem reproduksi. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga dan merawat kesehatan sistem reproduksi kita.

Beberapa oenyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi antara lain:

Klamidia
Klamidia adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang dapat menyerang pria maupun wanita melalui kontak seksual. Daerah yang dapat terinfeksi bakteri ini adalah leher Rahim (serviks), saluran kencing, anus, mata, dan tenggorokan. Jika bakteri ini menyerang pada wanita dapat menyebabkan sulit untuk mengandung.

Gonore
Gonore biasa disebut juga kencing nanah yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gnorrhoeae atau Gonococcus melalui kontak seksual seperti melakukan seks oral ataupun anal, menggunakan mainan seks yang terkontaminasi bakteri, berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bayi juga dapat tertular melalui ibunya saat dia lahir. Daerah yang sering diinfeksi oleh bakteri tersebut adalah anus, serviks, saluran kencing, mata dan tenggorokan.

Human Papillomavirus (HPV)
Virus ini dapat menyebabkan infeksi pada permukaan kulit dan berpeuang sebabkan kanker serviks, yang ditandai dengan tumbuhnya kutil pada lengan, tungkai, mulut, dan area kelamin. Infeksi virus ini dapat menular melalui kontak angsung dengan kulit atau berhubungan seks dengan penderita.

Baca Yuk!
Tips Mencegah Diabetes yang Bisa Dimulai di Usia Muda
Tidak Sembarang Pilih! Inilah Makanan yang Bersahabat bagi Penderita Maag

Kanker Serviks
Kanker Serviks merupakan infeksi menuar seksual dimana sel-selkanker tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Serviks sendiri adaah bagian leher Rahim yang terhubung langsung dengan vagina. Kanker serviks ini terbagi dalam 4 stadium untuk menjelaskan tinkat keparahan menyebarnya sel kanker. Stadium 4 atau stadium akhir adalah tingkat terparah kanker serviks.

Endometriosis
Endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan pembentuk lapisan dinding Rahim tumbuh di luar Rahim seperti tumbuh di indung telur, usus, saluran telur, vagina, atau rectum. Jadi pada kasus endmetriosis penebalan terjadi tidak pada dinding Rahim tetapi di luar dinding Rahim, sehingga tidak dapat luruh saat menstruasi. Kondisi ini dapat menimbulkan keluhan nyeri hingga berpotensi menyebabkan kemandulan.

Miom
Miom adalah tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim maupun bagian luar rahim. Miom biasanya memiliki gejala seperti saat menstruasi mengalami pendarahan yang banyak dan lebih dari seminggu, keluar darah menggumpl dari vagna, perut bagian bawah sering terasa nyeri, sering buang air kecil.

Orchitis
Orchitis adalah peradangan oada testis karena infeksi bakteri atau virus. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa virus gondok dapa menyebabkan infeksi ini. orchitis memiliki gejaa seperti pembengkakan pada testis, merasakan nyeri pada testis, demam, mual, dan muntah, serta perasaan tidak sehat.