Tips Mencegah Diabetes yang Bisa Dimulai di Usia Muda

Tips Mencegah Diabetes yang Bisa Dimulai di Usia Muda
mencegah diabetes

Heboh.com, Jakarta - Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum terjadi. Penyakit ini tidak hanya dapat membuat pengidap mengalami sejumlah gejala yang tidak nyaman, seperti penurun pengelihatan dan sulit sembuh dari luka. Diabetes juga sering dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehetan serius , seperti kebutaan, gagal ginjal sampai serangan jantung.

Diabetes mellitus adalah penyakit yang menyerang sistem metabolisme tubuh dan mengakibatkan peningkatan kadar gular dalam darah. Pada kondisi tubuh yang sehat, hormon insulin berfungsi mengubah gula darah untuk disimpan sebagai energi. Namun, pada penderita diabetes, tubuh tidak punya hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah dibiarkan begitu saja.

Cara mencegah diabetes ini tidak hanya untuk orang yang berisiko menderita diabetes saja, melainkan seluruh orang, khususnya bagi mereka yang masih berusia muda seperti anak - anak, remaja, atau orang dewasa. Berikut caranya :

Baca Yuk !

Patut Dicoba, Ini Cara Mencerahkan Warna Ketiak yang Gelap

Yuk Simak, Cara Menjaga Kesehatan Mental

1. Konsumsi Makanan Sehat.

Mengubah pola makan merupakan cara pertama yang  bisa kamu lakukan di usia muda bila tidak ingin mengalami diabetes. Bila selama ini kamu sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi, mengandung kadar gula tinggi, dan serba proses, gantilah dengan makanan yang lebih sehat.

Pilih makanan yang rendah lemak dan kalori serta tinggi. Perbanyak makan sayur dan buah - buahan yang merupakan sumber vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

2. Olahraga secara rutin. 

Aktivitas fisik seperti berolahraga terbukti dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit diabetes. Saat berolahraga, insulin menjadi lebih sensitif terhadap sel - sela yang ada di dalam tubuh. Jadi ketiks tubuhmu terus bergerak, tubuh hanya memerlukan sedikit hormon insulin agar gula darah tetap terkontrol.

3. Kelola Stres.

Stres menjadi salah satu reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang mendapatkan ancaman tekanan hingga suatu perubahan. Kondisi stres yang tidak dikelola dengan baik nyatanya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh seperti kondisi depresi, kesulitan berkonsentrasi, kondisi gangguan penyalahgunaan zat, juga dapat memicu tubuh menghasilkan hormon stres yang berkaitan dengan resistensi insulin.

4. Hindari Alkohol atau Minuman Manis.

Miras dan Minuman manis seperti soda, boba tes atau minuman berkarbonasi tidak dianjurkan untuk penderita diabetes atau orang yang berisiko diabetes. Pasalnya minuman - minuman seperti itu dapat mempengaruhi pankreas dan hati selaku organ tubuh bagian dalam yang berfungsi dalam mengelola darah.

Untuk menghilangkan rasa dahaga, sebaiknya perbanyak mengonsumsi air putih. Selain menyehatkan dan meningkatkan metabolisme tubuh juga ampuh mencegah diabetes secara alami.