31 Kuliner Khas Surabaya yang patut Wajib Untuk Dicoba

31 Kuliner Khas Surabaya yang patut Wajib Untuk Dicoba

Heboh.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak kota yang terkenal dengan wisata kulinernya. Apalagi setiap kota menawarkan cita rasa yang berbeda. Hal ini tentu menjadi nilai tambah kota tersebut bagi para wisatawan. Salah satu kota yang dikenal karena kulinernya adalah kota Surabaya. Di kota yang mendapatkan sebutan kota pahlawan, banyak sekali makanan enak yang menggugah selera. Sudah banyak orang yang jatuh cinta dengan Surabaya karena kulinernya lho! Tertarik mencoba?

Inilah 31 kuliner Surabaya yang harus di coba!

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih


Source Instagram.com/kulinersuraboyo

Kata Klopo ini merupakan dari bahasa Jawa yang artinya Kelapa. Sate Klopo Ondomohen ini menjual sate daging sapi, ayam, usus, udang dan sumsum bakar yang disajikan dengan bumbu satenya. Yang membuat sate ini berbeda dengang sate pada umumnya adalah tambahan parutan kelapa. Kelapa tersebut nemepel pada daging sebelum dibakar. 

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih ini berlokasi di Jalan Walikota Mustajab No. 36, Genteng, Surabaya. Sate Klopo ini buka setiap hari dari jam 07.00 pagi hingga pukul 22.30 malam. Sate Klopo ini sangat terjangkau kamu bisa menikmatinya dibawah harga Rp 50.000 saja per orangya.

2. Rawon Setan Mbak Endang.


source Instagram.com/hendryakuza

Rawon setan Mbak Endang ini perpaduan dengan kuah hitam yang pekat sangat menggoda selerah. Kurang rasanya jika sudah ke Surabaya tidak mencicipi Rawon Setan Mbak Endang ini. Rawon Seran ini juga menyediakan beberapa lauk seperti tempe goreng, telur asin, telur pindang, empal daging, dan perkedel kentang. Biasanya Rawon Setan Mbak Endang ini hanya disajikan dengan telur asin dan kerupuk udang saja.

Rawon Mbak Endang ini berlokasi di jalan Embong Malang, Surabaya Utara. Warung ini sudah sangat legend di Kota Surabaya lhoo. Namun Warung Rawon ini dibuka pada pukul 22.00 Malam hingga dini hari, karena sesuai nama Rawon Setan identik dengan kemunculan setan pada malam hari. Untuk harga 1 porsi Rawon Setan ini dijual dari Rp 25.000 belum termasuk jajanan pelengkapnya.

3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut


source Instagram.com/lontongbalap_aslipakgendut

Lontong Balap Garuda Pak Gendut salah satu kuliner makanan dari Surabaya yang khas. Lonton Balap Garuda Pak Gendut ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, dan perpaduan dengan kecap hingga bawang goreng lalu di padu dengan kuah segarnya. Ditambah lagi dengan jajanannya seperti sate kerang akan sangat menggugah selera pastinya.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut ini dulunya beralamat di Jalan Kranggan No. 60, Sawahan, Surabaya atau tepat di depan bekas bioskop Garuda. Namun sekarang dia sudah pindah di Jl. Prof. Dr. Moestopo No.11 Surabaya. Lontong balap ini sudah merintis usahanya sejak tahun 1956 oleh Pak Gendut. Kini usahanya dilanjutkan oleh anaknya dan beliau sudah meninggal dunia. Harga perporsinya cuma Rp 10.000 saja kamu sudah menikmati Lontong Balap Garuda Pak Gendut ini.

4. Nasi Goreng Jancuk


source Instagram.com/i_am_epl

Banyak sekali orang yang berjualan nasi goreng di Kota Surabaya. Namun yang paling terkenal adalah Nasi Goreng Jancuk. Dinamakan Nasi Goreng Jancuk karena sensasi nasi goreng ya ini super pedas, lalu porsinya cukup besar jadi bisa disantap bersama beberapa orang. Nasi Goreng Jancuk ini memiliki topping seperti, irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, lalu ditambahkan lagi sambal terasi hingga acar timun dan kerupuk udang.

Nasi Goreng Jancuk ini berlokasi di Restoran Hotel Surabaya Plaza, Jl. Pemuda 33-37, Surabaya. Harga perporsi nasi goreng ini dimulai dari Rp 133.100 hingga 190.000 namun harga makanan tersebut sudah mendapatkan minuman es teh berukuran pitcher.

5. Mie Pecun (Pedas Beracun)


source Instagram.com/allphee

Mie Pecun ini salah satu kuliner Surabaya yang terkenal dengan masakan pedasnya. Tumisan mie kuah dengan campuran irisan udang, telur, serta kornet, dijamin bakal membuat anda ketagihan untuk tak berhenti memakan mie pedas satu ini. Jangan khawatir jika kalian yang tidak suka pedas, karena disini kamu bisa memilih tingkat varian kepedasannya seperti, Paket klimax (super pedas), paket galau (pedas biasa), paket semriwing (pedas sedang), dan paket culun (tidak pedas).

Mie pecun ini berlokasi di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur.  Mie Pecun ini buka dari pukul 09.00 pagi hingga 22.00 malam

6. Es Krim Zangrandi


source Instagram.com/photosuroboyo

Kota Surabaya terkenal dengan cuaca panasnya yang dipengaruhi kodisi geografisnya yang berada di kawasan laut. Untuk mengurangi suasana hati yang ikut gerah oleh cuacanya Surabaya, kunjungi Zangrandi. Warung es krim yang ini sangatlah legendaris dikalangan kuliner Surabaya. Warng Es krim Zangrandi ini sudah buka sejak tahun 1930, yang didirikan oleh Roberto Zangrandi, merupakan seorng laki-laki kebangsaan Italia.

Warung Es krim Zangrandi ini berlokadi di Jalan Yos Sudarso No.15 Surabaya. Es krim disini dimulai dari harga Rp 24.000 saja kamu sudah bisa menyantap es krim yang sudah terjaga rasanya.

7. Soto Ayam Lamongan Cak Har


source instagram.com/soto_ayam_lamongan_cak_har

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini merupakan soto yang sangat legendaris yang ada di kota Surabaya. Menu utama ini merupakan soto yang akan membuat orang-orang ketagihan. Untuk harganya pun pass dikantong dengan harga hanya Rp 20.000 an saja kamu sudah menikmati Soto Ayam Lamongan Cak Har. Soto ini juga banyak variasi seperti, ceker, ayam, sapi, hingga jeroan. Soto Ayam Lamongan Cak Har ini berlokasi di Jalan Dr.Ir.H. Soekarno Surabaya.

8. Nasi Udang Bu Rudy

Nasi Udang Bu Rudy ini sangat harus untuk dicoba kenikmatannya. Menu yang terkenal disini ialah Nasi Udang empalnya yang merupakan menu terlaris di Warung Bu Rudy. Kuliner satu ini dipadukan dengan sambal bawangnya yang lezat hingga nasi panas yang kulen dinikmati dan sangat cocok di lidah kalian.

Nasi Udang Bu Rudy ini beralamat di jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya. Nasi udang empal Bu Rudy ini pun dihargai sekitar Rp 20.000san saja sangat murah dan pass dikantong.

9. Nasi Cumi Waspada


source Instagram.com/surabayafoodies

Kuliner satu ini merupakan kuliner tradisional yang ada di surabaya dan lebih merakyat namun masih eksis. Menu yang terkenal disini ialah Nasi Cuminya, dan banyak varian seperti Nasi biasa(nasi+cumi+peyek udang), nasi campur (Nasi+cumi+empal+telur+peyek udang), nasi komplet (Nasi+cumi+mie goreng+usus+paru+babat+peyek udang), dan juga menyediakan nasi rawon cumi. Namun ada juga menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan sebagainya.

Lokasi Nasi Cumi Waspada ini tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Di warung ini buka 24jam jadi jangan sampai takut untuk datang. Harga ya pun relatif murah, mulai dari Rp 13.000 sampai 20.000 saja.

10.Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye



source Instagram.com/surabayafoodies

Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye, jika kamu pecinta pedas berarti kamu cocok dengan makanan satu ini. Menyantap makanan pedas pada malam hari disini akan membawakan kamu menjadi sebuah kuliner di Kota Pahlawan semakin berkesan. Buka pada pukul 22.00 malam hingga pukul 04.00 pagi ini, kamu harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan dari Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye ini.

Lokasinya berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Begitu banyak lauk sederhana tak akan membuat kamu pusing dan juga harganya sangat murah mulai dari 10.000 saja.

11. G-Walk


source Instagram.com/
gwalkcitraland

G-walk atau nama lainnya Taman Gapura Walkway ini merupakan sebuah kawasan kuliner yang ada di Surabaya. Berlokasi di perumahan Citraland, meski berada di sebuah kawasan eliten namun stand makanan disitu dijual dengan harga terjangkau dan pastinya pass di kantong.

G-Walk ini selalu ramai pengunjung untuk menyantap makanan yang ada di sini hingga bukan hanya orang-orang dari pekarangan perumahan saja yang datang ke sini, namun orang wisatawan pun bisa mengunjungi G-walk ini.Kawasan G-walk ini sudah berdiri sejak 2005. Konsep G-Walk ini merupakan sebuah replika negara Singapura.

12. Warung Bu Kris


source Instagram.com/warungbukris

Para penggemar Penyet wajib datang ke Warung Bu Kris ini. Kuliner Surabaya satu ini menyediakan berbagai macam penyetan dari, ayam, gurame, iga, udang, tahu, tempe, dan menu yang lainnya. Sangat nikmat Warung Bu Kris ini pendatang yang ingin makan di Warung Bu Kris ini pun harus mangantre hingga luar untuk menikmati penyetan Bu kris.

Warung Bu Kris ini berada di Jalan Manyar Kertoajo IV/23 Surabaya. Namun kini warung Bu Kris sudah tersedia 10 cabang yang tersebar di berbagai kawasan Surabaya. Untuk harganya dimulai dari Rp 6.000 saja

13. Rujak Cingur Delta


source Instagram.com/joe_hobby_culinary

Salah satu kuliner Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Rujak Cingur Delta. Bahan makanan Rujak Cingur Delta ini berupa kacang panjang, lonong, tahu, tempe, kangsung, taoge, mangga muda, nanas, kedondong, dan cingur. Lalu makanan tersebut disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis udang, cabai, kacang tanah, dan air, lalu diberikan taburan bawang goreng diatasnya.

Rujak Cingur Delta ini letaknya di Jalan Kayon Blok D no. 46 Embong Kemiri, Surabaya. Harga Rujak Cingur Delta ini dihargai Rp 30.000/ porsinya. Namun disini juga menyediakan menu lain seperti nasi campur, lontong cap go meh dan lainnya.

14. Tahu Campur Kalasan H. Abdul Mahfud


source Instagram.com/sulistyowatidewi

Tahu campur ini merupakan salah satu makanan favorite bagi banyak orang. Namun berbeda dengan Tahu Campur Kalasan yang lainnya, disini Tahu campurnya terdiri dari jeroan sapi, daging, perkedel, tahu goreng, selada, dan terakhir dilumuri bumbu kentalnya.

Makanan khas wisata Surabaya, Tahu Campur Kalasan ini berada dilokasi Jalan Kalasan no. 22 Tambaksari, Surabaya. Para peloncong pun harus wajib mencoba makanan satu ini tak lazim jika belum makan Tahu Campur Kalasan ini. Harga makanan ini kisaran Rp 8.000an saja

15. Lontong Kupang Artomoro


source instagram.com/semangatmemasak

Lontong Kupang ini merupakan khas dari Surabaya, limpahan kerang kecil menyeliput lontong dan ditambahan dengan kuah kaldu membuat tekstur makanan Lotong Kupang Artomoro ingin rasanya enak. Arti Kupang ini merupakan jenis kerang berukuran kecil dan hanya bisa ditemukan di Surabaya saja.

Lontong Kupang Artomoro ini berlokasi di Jalan Raya Manyar No. 5J, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Warung ini buka pada pukul 09.00 pagi hingga 20.00 malam. Harga 1 porsinya Rp 10.000 hingga Rp 13.00 lumayan terjangkau lho.

16. Bebek Sinjay


source Instagram.com/foodtafoodto

Makanan satu ini sebenarnya bukan berasal dari Surabaya melainkan dari Kota bangkalan, Madura. Namun kenikmatan makanan Bebek Sinjay ini banyak pesaing yang lain membuka makanan ini di beberapa daerah. Lokasi Bebek Sinjay ini tepatnya di food court Kaza city, Jalan Kapas Krampung no. 45 Surabaya.

Sepiring nasi Bebek Sinjay ini diharga Rp 25.000/porsinya dan sambal manggang yang khas ini membuat makanan ini sangat legend. Warung Bebek Sinjay ini buka setiap hari pada pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam.

17. Sate Lisidu


source instagram.com/sbykulinerinfo

Makanan kuliner yang lainnya di Surabaya yaitu Sate Lisidu. Sate Lisidu ini berbentuk pipih dan dilumuri dengan bumbu kacang yang khas. Sate Lisidu ini berlokasi di Jalan Kuta No. 53C, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Sate ini banyak sekali menu pilihan bagian ayam seperti: bagian dada, paha, hati, garang asam ayam kampung dan disini menggunakan ayam kampung lho dan harga perporsinya dibawah harga Rp 50.000

18. Kepiting Kapasan Surabaya.


source Instagram.com/tanggalmuda.id

Restoran ini menyajikan menu seafood yang enak dan tentunya dijamin pass dikantong. Bukan hanya meu kepiting saja namun melainkan semua jenis seafood seperti, gurami goreng, gurami bakar, cah kangkung, gurami asam manis, lele goreng, udang mentega, kakap bakar dan beragam aneka seafood yang lainnya. Berlokasi di jl. Kapasan No. 27, Surabaya 60141 Indonesia.

19. Kepiting Cak Gundul


source instagram.com/kepitingcakgundul.1992

Kuliner Surabaya ini yang cocok menyukai olahan seafood. Kepiting Cak gundul sudah berjualan dari tahun 1992. Lokasi kepiting Cak Gundul ini beralamat di Jalan Raya Kupang Indah, No.45C-D, Surabaya. Banyak jenis pilihan kepiting disini bebas sesuai dengan selera. Menu yang paling populer disini ialah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Sausnya pun bisa pilih seperti asam manis sampai khas seperti saus kare. Warung ini buka setiap hari dari pukul 11.00 hingga 23.00 malam, dan harganya kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000/orangnya.

20. Nasi Krawu Hj.Suliha di Surabaya


source Instagram.com/nasikrawu_hj.sulihasurabaya

Nasi Krawu Hj.Suliha ini rupaya sudah sangat terkenal di Surabaya. Makanan nasi krawu ini memiliki rasa yang gurih, dan perpaduan dengan pedas sedikit, yang paling wajib dicoba ialah nasi krawu kikil dan krawu daging, saat berkunjung ke Surabaya wajib mencicipi kelezatan makanan ini. Nasi Krawu Hj.Suliha di Surabaya berlokasi di Darmo Permai Tiga Belakang SCTV. Harga perporsinya pun lumayan terjangkau dimulai dari Rp 15.000 hingga 25.000

21. Kedai Sabindo


source instagram.com/kedaisabindo

Kedai Sabindo ini berlokasi di Jalan Dayungan Sari Timur 4/14 surabaya.  Kedai sabindo ini menjual berbagai menu seperti roti Tissu. Roti Tissu ini seperti martabak lalu di lebarkan di sebuah penggorengan lalu giberikan susu kental manis ditambah lagi dengan keju yang guring + cokelat milo yang ditaburkan diatas roti dan membuat roti ini terasa gurih dan nikmat. Cemilan yang satu ini Cuma ada di kota Surabaya saja, dan kalian wajib untuk mencicipi roti Tissu ini di kedai Sabindo. Harga perporsinya dimulai dari Rp 22.000 hingga Rp 30.000

22. Bakso Beranak


source Instagram.com/eattemptationsby

Wajib banget untuk mencoba bakso beranak dari surabaya ini. Bakso beranak ini terdiri dari 3 bakso kecil didalamnya, dan bakdo pitoni tersedia 7 bakso kecil didalamnya. Harga perporsinya pun lumayan terjangkau di mulai dari harga Rp 15.000 hingga 25.000. Bakso beranak ini berlokasi di Jalan Raya Dukuh Kupang Barat No. 81, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60189

23. La Divine


source Instagram.com/ladivinegelato

Inilah menu paling favorite hampir semua orang yaitu ice cream. Menikmati gelato yang ada di La Divine yang sangat lezat hingga rasanya tidak terlalu manis, susunya kerasa, dan pastinya langsung lumer dimulut, apalagi pass untuk meredam suasana yang lagi kacau.

La Divine ini berlokasi di Jalana Dharmahusada No.148, Kota Surabaya. Harga ice cream di La Divine ini dimulai Dari Rp 15.000 hingga 35.000

24. Bakso Abah Killer


source instagram.com/baksoabahkiller

Sesuai dengan namanya Killer, pastinya ini pecinta bakso pedas. Bakso Abah Killer ini cukup untuk menantang untuk mencicipi bakso pedas yang satu ini dan siap memanjakan lidah anda pada saat di Surabaya. Paling favorite disini yaitu bakso di dalamnya terdapat beberapa cabai dan kuah yang pedas yang membuat makanan ini selalu ramai pengunjung. Bakso Abah killer ini beralamat di Jalan Klampis Semolo Timur I Blok AB No. 36, Semolowaru, Sukolilo, Semolowaru, Surabaya. Harganya pun dari Rp 15.000 hingga 18.000 saja murah banget pastinya.

25. Pisa Kafe


source Instagram.com/pisa.cafe

Pisa Kafe ini selalu ramai dan dipadati oleh mengunjung lho. Namun dulunya kafe ini hanya menjual es kirim yang langsung didatangkan dari Italia. Namun sering berjalanan ya waktu, kafe ini pun akhirnya menambahkan menu seperti Sandwitch, pizza, dan omelet. Pisa Kafe ini beralamat di Jalan Manyar Kertoarjo No.47, Mojo Gubeng, Kota Surabaya, Harganya pun lumayan terjangkau mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 35.000

26. Surabi Gatel


source Instagram.com?surabigatel

Makanan wisata kuliner yang satu ini luamyaan unik. Memang surabi disini berbeda pada umunya. Surabi Gatel ini biasanya di kasih santan saja anda bisa merasakan surabi berbagai rasa seperti surabi keju, surabi strawberry, melon, oreo, durian, dan masih banyak lagi. Berlokasi di Jalan Kampis Semolo Timur II No.47, Surabaya. Harga perporsinya pun dimulai dari Rp 10.000 hingga 25.000

27. Roti Bakar 543


source Instagram.com/rotibakar543

Roti Bakar 543 ini merupakan tempat nongkrong anak melenial. Beralamat di Jalan Semolowatu Indah Blok I No.8-9, Sukolilo. Naman Roti Bakar 543 akan disuguhi dengan meja dan kursi yang terbuat dari kayu yang membuat tempat kedai ini unik dan ditambah lagi berbagai foto gambar yang lucu dan membuat suasana tempat ini sangat unik.

Banyak menu makanan ringan seperti sosis, kentang goreng, roti bakar berbagai macam rasa hingga minuman seperti choco oreo, espresso, dan taro pun tersedia disini. Harga disini dimulai dari Rp 10.000 saja hingga Rp 40.000 cocok banget untuk tempat nongkrong dengan budget pass.

28. Kafe Seoul City


source pergikuliner

Para kaum Korea wajib banget datang ke kafe Seoul city ini. Kafe Seoul City ini berlokasi di jalan Manyar Jaya V/A No. 28 Menur Pumpungan, Surabaya. Di kafe ini menjual berbagai macam menu ala korea seperti Chicken Wings Bab, Beef bolgogi, samyang classic dan masih banyak lagi. Harga dimulai dari Rp 15.000 saja kamu sudah bisa menikmati makanan korea.

29. Oppai Yakitori


source instagram.com/oppaiyakitori

Oppai Yakitori ini terletak di Jalan Gayungsari Barat II, No.19, Gayungan, Surabaya. Oppai Yakitori ini menyajikan sebagai menu utamanya. Makanan ini berkonsep street food ala jepang. Satu porsi Yakitori ini terdiri 5 tusuk sate dan satu onigiri (sate kepal khas Jepang) dan disajikan menggunakan saus manis khas jepang. Namun disini kamu juga bisa memilih varin mau rasa polos hingga menggunakan daging ikan tuna juga tersedia disini.

30. Kafe Diatas Awan


source Instagram.com/kulinersby

Kafe Diatas Awan ini berlokasi di jalan Dharmawangsa No.3, Gubeng, Surabaya. Tempat ini merupakan tempat tongkrongan anak muda lhooo. Menu paling Recommended disini ialah Craving Burta Cheesy Lovers, Craving Bagetta Amiricana, dan Craving Sanata Cheesy lovers dan untuk minumannya Milk Dots Banana, dan coffee milk candy espresso. Makanan disini pun dimulai dari Rp 20.000 saja kamu sudah bisa mencicipi hidangan disini.

31. Pakuwon Food Festival


source Instagram.com/foodjunctiongp

Jika kamu anak kulineran belum pergi kesini belum puas rasanya. Pakuwon Food Festival ini menyediakan sekitar 100 lebih stang makanan yang tepatnya wistaa kuliner Surabaya. Makanan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari makanan tradisional hingga internasional. Pakuwon Food Festival ini selalu rame bahkan hari weekday aja penuh pengunjung. Berlokasi di Jalan Kejawan Putih Tambah Surabaya Timur tidak jauh dari pusat pembelanjaan kota Surabaya.